kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Obat Wasir Alami Ampuh yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah


Jumat, 18 Agustus 2023 / 09:02 WIB
7 Obat Wasir Alami Ampuh yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah
ILUSTRASI. Obat wasir alami dari tumbuhan bisa menjadi obat alternatif.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Obat wasir alami bisa jadi alternatif selain pengobatan ke dokter. Cara mengobati wasir secara alami bisa menggunakan terapi maupun ramuan herbal yaknipenggunaan obat wasir alami dari tumbuhan.  

Cukup banyak obat wasir alami yang mudah didapatkan. Wasir atau juga biasa disebut hemoroid adalah kondisi pembengkakan atau pembesaran pada pembuluh darah di bagian akhir usus besar (rektum) dan anus. 

Wasir dapat dialami oleh semua usia. Namun, wasir sejauh ini lebih sering dialami oleh orang tua terutama yang berusia 50 tahun atau lebih.

Baca Juga: Catat! Inilah 4 Bahan Alami yang Efektif Bisa Meredakan Wasir

Di Indonesia, wasir juga dikenal dengan ambeien. Sebagian besar wasir umumnya tidak mengganggu dan tidak menimbulkan keluhan berarti. 

Kendati demikian, gejala wasir juga bisa menimbulkan keluhan berupa rasa tidak nyaman, gatal, serta perdarahan dari anus.

Penyakit wasir terbagi menjadi dua jenis, yaitu internal dan eksternal. Pembengkakan pada pembuluh darah yang terjadi di dalam dubur dan tidak bisa dilihat dari luar disebut hemoroid internal. 

Baca Juga: 8 Ramuan Alami yang Bisa Bikin Ambeien Langsung Kabur, Apa Saja?

Sementara pembengkakan yang terjadi di dekat dubur, terlihat dari luar dan terasa nyeri disebut dengan hemoroid eksternal. 

Penyebab wasir masih belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini diduga terkait dengan tingginya tekanan pada aliran darah di dalam atau di sekitar anus. Tekanan ini menyebabkan pembuluh darah di rektum membengkak dan mengalami peradangan.

Lantas, apa saja obat wasir alami? 

Baca Juga: Bisa Mencegah Dehidrasi, Ini 5 Manfaat Buah Mangga Madu untuk Kesehatan

Obat wasir alami

Nah, berikut ini obat wasir alami yang dilansir dari laman Healthline:

1. Mandi air hangat dengan garam epsom

Mandi gram epsom bisa menjadi obat wasir alami

Obat wasir alami yang cukup ampuh adalah dengan mandi air hangat yang dicampur garam epsom. Mandi air hangat dapat membantu meredakan iritasi akibat wasir. 

Coba gunakan bak mandi atau juga bisa menggunakan bak plastik kecil yang dipasang di atas dudukan toilet sehingga Anda bisa merendam area yang terkena wasir.

Selain itu, cara mengobati wasir secara alami ini yakni dengan mandi air hangat selama 20 menit setelah buang air besar. Lalu, tambahkan garam epsom ke bak mandi dapat memberikan kelegaan dengan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Meredakan Batuk Kering, Ini Manfaat Pegagan untuk Kesehatan

2. Kompres dingin

Obat alami wasir

Obat wasir alami kedua yang bisa Anda coba sendiri di rumah adalah menggunakan air dingin. Caranya, oleskan kompres es atau kompres air dingin ke anus untuk meredakan pembengkakan selama 15 menit. 

Pastikan untuk membungkus es di dalam kain atau handuk. Jangan pernah mengoleskan sesuatu yang beku langsung ke kulit Anda, karena dapat membahayakan atau merusak kulit.

Untuk wasir yang besar dan menyakitkan, kompres dingin bisa menjadi pengobatan yang sangat efektif.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 4 Bahan Alami yang Ampuh Meredakan Wasir

3. lidah buaya

Lidah buaya juga bisa menjadi obat wasir alami yang sudah sejak dulu digunakan.

Lidah buaya juga bisa menjadi obat wasir alami yang sudah sejak dulu digunakan. Lidah buaya sering digunakan untuk mengobati wasir dan kondisi masalah kulit lainnya. 

Sebagai obat alami wasir, lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi. National Center for Complimentary and Integrated Health merekomendasikan lidah buaya sebagai obat wasir alami. 

Baca Juga: Mengenal Ciri-ciri & Cara Mencegah Kanker Usus Besar / Colon, Penyakit Diderita Pele

Lidah buaya dapat ditemukan sebagai bahan dalam produk lain seperti tabir surya atau losion. Tetapi Anda sebaiknya hanya menggunakan lidah buaya murni pada wasir, karena bahan dan zat tambahan lainnya dapat mengiritasi wasir. 

Obat wasir alami dari tumbuhan lidah buaya sejatinya sudah cukup umum. Namun, beberapa orang ada yang alergi terhadap lidah buaya, terutama mereka yang alergi terhadap bawang putih atau bawang merah. 

Baca Juga: Anus Gatal Terasa Sangat Menganggu? Ini Cara Mengobatinya

4. Tisu basah

Untuk dijadikan obat wasir alami, pastikan tisu yang Anda pilih tidak mengandung alkohol, parfum, atau iritasi lainnya.

Menggunakan kertas toilet setelah buang air besar dapat mengiritasi wasir. Untuk itu, gunakan tisu basah setelah buang air besar agar tidak menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Anda juga bisa menggunakan tisu yang mengandung bahan anti wasir yang menenangkan, seperti tisu dengan kandungan lidah buaya.

Untuk dijadikan obat wasir alami, pastikan tisu yang Anda pilih tidak mengandung alkohol, parfum, atau iritasi lainnya. Zat ini dapat memperburuk gejala ambeien daripada meredakannya.

Baca Juga: 8 Ramuan Herbal untuk Mengobati Ambeien, Mudah DIbuat Sendiri

5. Pakaian katun longgar

Penggunaan katun juga merupakan salah satu obat wasir alami.

Penggunaan katun juga merupakan salah satu obat wasir alami. Untuk itu, gunakan celana dalam berbahan katun agar area anus tetap bersih dan kering. 

Hal ini untuk mengurangi gejala dan risiko infeksi pada luka terbuka akibat wasir. Selain itu, hindari menggunakan deterjen wangi atau pelembut kain untuk membantu mengurangi iritasi.

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami yang Patut Anda Coba, Efektif dan Ampuh!

6. Minyak pohon teh atau tea tree essential oil 

Minyak pohon teh adalah antiseptik alami yang dapat membantu meredakan nyeri, gatal, dan ketidaknyamanan, termasuk sebagai obat wasir alami.

Minyak pohon teh atau tea tree essential oil adalah antiseptik alami yang dapat membantu meredakan nyeri, gatal, dan ketidaknyamanan, termasuk sebagai obat wasir alami.

Minyak pohon teh juga dapat membantu melawan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit yang rusak atau teriritasi.

Baca Juga: Arti Warna Feses untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Tidak banyak penelitian yang tentang keefektifan minyak pohon teh sebagai obat alami wasir. Namun, sebuah studi pada 2012 menemukan bahwa campuran minyak pohon teh, asam hialuronat, dan metil-sulfonil-metana dapat mengobati wasir selama dua minggu penggunaan. 

Zat-zat tersebut membantu secara signifikan mengurangi rasa sakit, pendarahan, dan pembengkakan pada wasir.

Agar efektif sebagai obat wasir alami, gunakan minyak pohon teh bersama dengan perawatan alami lainnya, seperti lidah buaya.

Baca Juga: Apa Itu Wasir? Ini Penyebab, Gejala, dan Obat Wasir

7. Minyak kelapa

Obat wasir alami terakhir yang bisa Anda coba di rumah yakni minyak dari kelapa.

Obat wasir alami terakhir yang bisa Anda coba di rumah yakni minyak dari kelapa. Minyak kelapa memiliki sifat anti inflamasi yang kuat.

Menurut sebuah studi pada 2008, minyak kelapa juga dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada wasir. Sifat analgesik (pereda nyeri) dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh wasir. 

Sifat antibakterinya memungkinkan wasir sembuh lebih cepat, menurut penelitian tahun 2014. Jadi, berdasarkan studi yang sudah dilakukan, minyak kelapa adalah salah satu obat wasir alami dari tumbuhan. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini Gejala Wasir yang Perlu Diwaspadai

Sebagai obat alami wasir, minyak kelapa juga dapat membantu meredakan sembelit, berkat efek pencahar.

Perlu diketahui bahwa sembelit atau mengejan saat buang air besar adalah penyebab umum wasir. 

Nah, penggunaan minyak kelapa dapat membantu mengobati dan mencegah wasir. Cara mengobati wasir secara alami dengan minyak kelapa yakni bisa dikonsumsi maupun dioleskan di area wasir. 

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Hangat bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Selain itu, cara lain penggunaan minyak kelapa sebagai obat wasir alami, yaitu Anda bisa mengoleskannya ke wasir dengan bola kapas atau menambahkannya ke bak mandi. 

Itulah sederet obat wasir alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah. 

Cara mengobati wasir secara alami ini bisa jadi alternatif selain dengan pengobatan dokter. Beberapa obat wasir alami dari tumbuhan juga mudah didapatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×