7 Manfaat Minum Air Hangat bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:22 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Manfaat Minum Air Hangat bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

ILUSTRASI. Manfaat minum air hangat.


KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat minum air hangat bagi tubuh. Minum air yang cukup dapat mendukung kesehatan kulit, otot, dan sendi. 

Air membantu sel-sel tubuh menyerap nutrisi dan melawan infeksi. Selain itu, manfaat minum air hangat setiap hari juga menawarkan banyak manfaat.

7 Manfaat minum air hangat bagi kesehatan 

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut 8 manfaat minum air hangat bagi kesehatan: 

1. Pencernaan yang lebih sehat

Ternyata, minum air hangat juga bisa membantu menyehatkan pencernaan. Ketika seseorang tidak minum cukup air, usus kecil akan menyerap sebagian besar air yang dikonsumsi melalui makanan dan minuman. 

Hal ini menyebabkan dehidrasi dan membuat lebih sulit buang air besar. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan sembelit kronis. Sembelit ini bisa membuat buang air besar terasa sakit dan bisa menyebabkan masalah lain, termasuk wasir dan kembung.

Minum air panas membantu memecah makanan lebih cepat daripada minum air dingin atau hangat. Ini mengurangi risiko sembelit dengan mendukung buang air besar secara teratur.

Baca Juga: Boleh Dicoba! Daun-Daunan Ini Efektif Bikin Kolesterol Jahat Kandas

2. Detoksifikasi tubuh

Selanjutnya, manfaat minum air hangat juga bisa mendetoksifikasi tubuh. Beberapa ahli kesehatan berpendapat, air panas dapat membantu tubuh melakukan detoksifikais. 

Air yang cukup panas dapat menaikkan suhu tubuh seseorang dan menyebabkan berkeringat. Berkeringat mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori.

3. Peningkatan sirkulasi

Air hangat adalah vasodilator, artinya dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga, manfaat minum air hangat bisa meningkatkan sirkulasi darah dan dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Selain Minum Air Hangat, Ini Cara Sederhana Mengatasi Flu dengan Cepat

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru