kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Obat Penyakit Lambung Alami, Mau Coba?


Senin, 13 Mei 2024 / 11:15 WIB
7 Obat Penyakit Lambung Alami, Mau Coba?
ILUSTRASI. Obat Penyakit Lambung Alami


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai obat penyakit lambung alami yang bisa membantu mengatasi gangguan lambung Anda. Tak hanya itu, kebanyakan obat penyakit lambung juga relatif aman dikonsumsi dan mudsh didapatkan.

Meski demikian, sebelum mengkonsumsi obat penyakit lambung alami juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk meminimalisir risiko.

Penyakit lambung merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang di seluruh dunia.

Baca Juga: Manfaat Kulit Sawo Untuk Menurunkan Kolesterol, Simak 5 Khasiat Lainnya

Gangguan penyakit lambung ini bisa menimbulkan gejala yang tidak nyaman, seperti perut kembung, mulas, mual, dan bahkan nyeri. 

Meskipun ada berbagai obat yang tersedia di pasaran, beberapa orang lebih memilih untuk mengatasi masalah ini dengan cara alami, tanpa harus mengandalkan obat-obatan kimia yang mungkin memiliki efek samping.

Melansir dari Medical News Today, Beberapa pengobatan rumahan dapat membantu mengatasi sakit perut dan perut, seperti minum air putih dan menghindari makanan pedas.

Berikut adalah beberapa obat alami yang dapat membantu mengatasi penyakit lambung:

1. Jahe

Jahe telah lama dikenal karena sifat-sifatnya yang dapat meredakan gangguan pencernaan, termasuk masalah pada lambung. Senyawa-senyawa dalam jahe, seperti gingerol, memiliki efek anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan peradangan pada lambung. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk teh jahe hangat atau mengunyah sepotong jahe segar setelah makan.

Baca Juga: Mampu Meningkatkan Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain Dari Sayuran Hijau

2. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan senyawa antiinflamasi dan mengandung enzim yang membantu pencernaan. Minum jus lidah buaya secara teratur dapat membantu mengurangi iritasi pada lambung dan meredakan gejala seperti mulas dan kembung.

3. Daun Mint

Mint atau daun mint memiliki sifat yang menenangkan pada lambung. Minum teh mint secara teratur dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi ketidaknyamanan pada lambung. Selain itu, mint juga dapat membantu mengurangi rasa mual.

4. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Mengonsumsi kunyit secara teratur dapat membantu melindungi lambung dari kerusakan akibat peradangan dan meredakan gejala penyakit lambung.

Baca Juga: Obat Trigeliserida Tinggi Alami, Sudah Coba 6 Hal Berikut?

5. Lemak Sehat

Konsumsi lemak sehat, seperti minyak zaitun dan alpukat, dapat membantu melapisi dinding lambung dan mengurangi iritasi. Hindari lemak jenuh dan trans yang dapat memicu produksi asam lambung berlebihan.

6. Perubahan Pola Makan

Selain mengonsumsi bahan-bahan alami tersebut, penting juga untuk memperhatikan pola makan Anda. Hindari makanan pedas, berlemak, dan asam yang dapat memicu gejala penyakit lambung. Lebih baik pilih makanan yang rendah lemak, tinggi serat, dan mudah dicerna.

Baca Juga: Mampu Menurunkan Berat Badan, Ini 7 Manfaat Teh Jahe Lainnya Untuk Kesehatan

7. Manajemen Stres

Stres dapat memperburuk gejala penyakit lambung. Berbagai teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau olahraga ringan, dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan lambung.

Meskipun obat alami dapat membantu mengurangi gejala penyakit lambung, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejalanya berlangsung atau memburuk. 

Beberapa kondisi lambung memerlukan perawatan medis yang lebih intensif. Selain itu, perubahan gaya hidup sehat, termasuk pola makan yang baik dan manajemen stres, juga merupakan langkah penting dalam mengatasi penyakit lambung secara efektif.

Dengan menggabungkan obat alami dengan perubahan gaya hidup sehat, Anda dapat membantu meredakan gejala penyakit lambung dan meningkatkan kesehatan lambung secara keseluruhan secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×