Kesehatan Umum

7 Manfaat timun untuk kesehatan tubuh, bisa cegah kanker

Rabu, 30 September 2020 | 12:45 WIB   Reporter: Belladina Biananda
7 Manfaat timun untuk kesehatan tubuh, bisa cegah kanker

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat timun yang bisa dirasakan oleh tubuh. Foto: Dok Wikimedia.org


KONTAN.CO.ID - Siapa yang suka timun? Dengan mengonsumsinya secara rutin, ada banyak manfaat timun yang bisa dirasakan oleh tubuh.

Timun berfungsi sebagai antidiabetik, antioksidan, mengobati sembelit, dan mengurangi iritasi kulit. Nah, berikut manfaat mengonsumsi timun:

Membantu tubuh terhidrasi

Dehidrasi memberikan efek buruk untuk tubuh. Selain mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih, Anda juga bisa memanfaatkan timun, lo.

Mengutip dari Huff Post, 95,2% timun adalah air.  Artinya, 5 ons timun mengandung 150 ml air. Angka tersebut memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari sebanyak 26%.

Baca Juga: Ini manfaat bunga telang sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Menjaga kesehatan jantung

Selain mengandung banyak air, timun juga mengandung 152 mg potasium per satu gelas timun. Kandungan itu bisa menurunkan tekanan darah sehingga resiko strok dan penyakit jantung bisa menurun pula.

Mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan

Manfaat timun selanjutnya yang bisa dirasakan tubuh adalah bisa mengurangi kerutan atau tanda-tanda penuaan dini serupa. Maka dari itu, tak sedikit produk perawatan kulit yang menggunakan timun sebagai bahan dasar.

Baca Juga: Ini infused water yang baik untuk penderita diabetes

Meredakan rasa sakit

Melansir Huft Post, timun mengandung flavonoid dan tannin yang berperan sebagai antiinflamasi dan pembersih radikal bebas dalam tubuh.

Penelitian dalam Journal of Young Pharmacist menjelaskan, timun bisa meredakan sakit kepala. Biji timun bisa mendinginkan dan berperan sebagai diuretik. Sedangkan ekstrak timun bermanfaat untuk mengobati jerawat.

Menghilangkan bau mulut tak sedap

Apakah Anda memiliki masalah berupa bau mulut yang tak sedap? Jika iya, Anda bisa menggunakan timun untuk mengatasi permasalahan itu.

Serat dan air dalam timun bisa menstimulus produksi air liur, sehingga bakteri penyebab bau mulut berkurang.

Baca Juga: Wajib coba! Inilah 5 cara menghilangkan bau mulut

Mencegah sembelit

Salah satu manfaat timun adalah menghindarkan Anda dari sembelit.

Selain menghilangkan bau mulut tak sedap, air dan serat dalam timun juga bermanfaat untuk mencegah sembelit. Kandungan itu mendorong sisa makanan sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

Menjaga berat badan

Salah satu cara agar berat badan tak semakin bertambah adalah dengan rutin mengonsumsi timun. Dalam satu porsi timun, hanya terdapat 16 kalori. Jumlah tersebut cukup efektif untuk menjaga berat badan seseorang.

Selanjutnya: Cara mengecilkan lengan bisa dilakukan dengan 5 tips ini

Editor: Belladina Biananda


Terbaru