Tips Sehat

Ini infused water yang baik untuk penderita diabetes

Jumat, 19 Juni 2020 | 15:29 WIB Sumber: Kompas.com
Ini infused water yang baik untuk penderita diabetes

ILUSTRASI. Insufed water untuk penderita diabetes

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu minuman yang direkomendasikan bagi penderita diabetes adalah infused water. Minuman ini bisa jadi alternatif saat penderita diabetes bosan dengan rutinitas minum air putih atau minuman tawar lainnya. 

Melansir Medical News Today, makanan dan minuman dapat mempengaruhi kadar gula darah seseorang. Minuman manis yang mengandung gula atau pemanis buatan bisa meningkatkan gula darah penderita diabetes secara signifikan. 

Baca Juga: Amazing! Berikut manfaat kunyit asem untuk kesehatan tubuh

Tubuh penderita diabetes tidak mampu menggunakan insulin untuk menarik glukosa atau gula sebagai energi. Itulah yang membuat gula darah gampang naik. 

Untuk itu, penderita diabetes disarankan cermat memilih asupan, termasuk soal minuman. Melansir Wealthy, infused water atau air mineral yang diberi rendaman buah, sayur, atau rempah-rempah, bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi penderita diabetes. 
Infused water yang segar dan beraroma bisa membantu penderita diabetes minum lebih banyak cairan. Minum lebih banyak cairan penting, terutama saat kadar gula darah melonjak. 

Minum cukup cairan bisa membantu mengeluarkan kelebihan glukosa dan mencegah dehidrasi. Selain itu, infused water juga bisa jadi cara untuk menambal keinginan penderita diabetes pada asupan manis. 

Aroma dan rasa dari buah minuman ini bisa mengurungkan niat orang untuk mengonsumsi minuman manis. Berikut beberapa resep infused water yang baik untuk diabetes: 

1. Lemon dan jahe 

Siapkan satu botol air, irisan lemon, dan jahe yang sudah diiris tipis-tipis. Masukkan irisan lemon dan jahe ke dalam wadah berisi air. Tutup lalu simpan ke dalam lemari es. Jika sudah terlalu lama, Anda mungkin akan merasakan infused water ini terasa sedikit pahit dari kulit lemon. Minuman infused water lemon dan jahe bisa bertahan di lemari es maksimal tiga hari. Baca juga: Resep Infused Water Timun untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi 

2. Stroberi, basil dan lemon

Siapkan satu botol air, setengah cangkir stroberi yang diiris tipis, lima lembar daun basil, dan satu lemon yang diiris tipis. Rendam semua potongan buah-buahan dan rempah tersebut dalam wadah berisi air. Tutup rapat. Simpan sedikitnya selama tiga jam di lemari es dan infused water bisa dikonsumsi. Minuman ini bisa tahan atau dikonsumsi berulang setidaknya semalaman. 

3. Timun, jeruk nipis, stroberi, daun mint

Siapkan satu botol air. Tambahkan mentimun, stroberi, dan jeruk nipis yang sudah diiris tipis secukupnya. Masukkan potongan buah-buahan ke dalam wadah tertutup berisi air. Tambahkan duan mint yang sudah dirobek-robek atau diremas-remas. Simpan dalam wadah tertutup lalu masukkan ke dalam kulkas. Minuman siap disajikan setelah tiga jam.(Nahardini Nur Afifah) 

Baca Juga: Diet jahe bisa menekan nafsu makan dan buat perut kenyang lebih lama

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Resep Infused Water untuk Diabetes",

Editor: Tri Sulistiowati
Tag


Terbaru