kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​7 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Jumat, 05 Mei 2023 / 04:38 WIB
​7 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat daun pegagan untuk kesehatan membuat tanaman ini banyak digunakan sebagai obat tradisional.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun pegagan untuk kesehatan membuat tanaman ini banyak digunakan sebagai obat tradisional. Daun pegagan atau Centella asiatica adalah tanaman yang biasanya tumbuh liar di tanah yang agak lembab, seperti persawahan, padang rumput, dan tepi selokan. 

Khasiat daun pegagan sebagai obat tradisional lantaran kandungan daun pegagan yang mudah dicerna tubuh dan tingkat toksisitasnya yang rendah.

Dirangkum dari laman Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian, daun pegagan mengandung bahan aktif, yaitu alkaloid, saponin, tanin, flavonoid, steroid, dan triterpenoid

Baca Juga: Air Rebusan Jahe, Sereh & Gula Merah Bisa untuk Turunkan Berat Badan

Terdapat pula tiga golongan bioaktif, yaitu triterpenoid, steroid, dan saponin termasuk antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. 

Bahan aktif tersebut merupakan bahan baku obat tradisional sehingga membuat manfaat daun pegagan bisa digunakan sebagai obat anti-pikun, anti-stres, obat lemah saraf, demam, bronkitis, kencing manis, psikoneurosis, wasir, tekanan darah tinggi, penambah nafsu makan, dan menjaga vitalitas. 

Daun pegagan juga mengandung garam mineral antara lain kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, fosfor, minyak atsiri, pektin, asam amino, vitamin B, dan zat pahit vellarine.

Lantas, apa saja manfaat daun pegagan? 

Baca Juga: Bisa Jaga Kolesterol & Gula Darah, Ini Manfaat Air Rebusan Jahe, Sereh, Gula Merah

Manfaat daun pegagan 

Manfaat daun pegagan salah satunya adalah memiliki sifat anti-ulcer.

Dirangkum dari laman Medical News Today dan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, berikut sejumlah manfaat daun pegagan untuk kesehatan: 

1. Mengatasi luka pada dinding perut 

Manfaat daun pegagan salah satunya adalah memiliki sifat anti-ulcer. Sifat ini adalah kemampuan daun pegagan mengatasi luka pada dinding perut dan usus dua belas jari. 

Baca Juga: 4 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya, Cek yuk

2. Memiliki sifat diuretik 

Manfaat daun pegagan juga memiliki sifat diuretik atau peluruh kencing. Selain itu, pegagan juga memiliki efek farmakologis anti-racun, penurun panas, antilepra dan antisifilis. 

3. Mengurangi peradangan pada kulit

Manfaat daun pegagan juga bisa mengurangi peradangan pada kulit. Daun pegagan mengandung senyawa glikosida madekosida pada bagian daun dan tangkai daun. 

Senyawa tersebut memiliki efek antiinflamasi dan antikeloid yang dapat mengurangi peradangan pada kulit, seperti pada kondisi psoriasis dan dermatitis.

Baca Juga: 7 Daun-Daunan Ini Efekttif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun pegagan juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun pegagan juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Kandungan triterpenoid dan saponin pada daun pegagan dapat memacu proses penyembuhan luka agar berjalan lebih cepat. 

Senyawa ini mempercepat penyembuhan luka dengan cara memproduksi kolagen I, dan meningkatkan kadar antioksidan.

Selain itu, khasiat daun pegagan juga bisa memperkuat jaringan kulit dan meningkatkan suplai darah ke area luka.

Baca Juga: Ambeien Langsung Keok dengan 8 Ramuan Herbal Ini, Apa Saja?

5. Sebagai antipenuaan

Manfaat daun pegagan juga bisa sebagai antipenuaan. Salah satu tanda penuaan adalah semakin berkurangnya kadar kolagen dalam kulit akibat faktor usia, paparan sinar Matahari, ataupun pola hidup tidak sehat. 

Daun pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit dan memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bedak Dingin untuk Wajah, Perawatan Kecantikan Wanita Dulu!

6. Melembapkan kulit

Manfaat daun pegagan juga bisa melembapkan kulit. Kulit yang terlalu kering akan nampak kusam dan keriput. 

Ekstrak Centella asiatica dapat meningkatkan kadar sebum atau minyak alami kulit, sehingga kelembapan dan elastisitas kulit dapat terjaga. 

Kandungan saponin dari tanaman ini juga mampu mempertahankan air lebih lama pada kulit dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis di kulit.

Baca Juga: 5 Jamu Tradisional untuk Merawat Kecantikan dari Dalam, Ada Beras Kencur

7. Mengatasi selulit dan stretch mark

Manfaat daun pegagan juga bisa membantu mengatasi selulit dan stretch mark. Selulit dan stretch mark adalah masalah kulit yang sering dialami wanita, terutama ketika sedang hamil, pasca melahirkan, ataupun perubahan berat badan drastis. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bedak Dingin untuk Wajah, Perawatan Kecantikan Wanita Dulu!

Kondisi ini seringkali ditemukan di daerah sekitar paha, perut, hingga lengan tangan. Daun pegagan memiliki triterpenoid yang meningkatkan produksi kolagen kulit. 

Ekstrak daun pegagan yang dioleskan pada bagian tubuh tersebut dapat menyamarkan selulit dan stretch mark, bahkan mencegah terbentuknya stretch mark baru.

Itulah sejumlah manfaat daun pegagan maupu khasiat daun pegagan untuk kesehatan dan kulit yang sebaiknya jangan dilewatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×