kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

7 Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan Mata, Kulit, hingga Lawan Kolesterol


Jumat, 06 Oktober 2023 / 15:57 WIB
7 Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan Mata, Kulit, hingga Lawan Kolesterol
ILUSTRASI. 7 Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan Mata, Kulit, hingga Lawan Kolesterol. Foto wikimedia.org


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak sederet manfaat daun ketumbar untuk kesehatan. Khasiat sayuran ini tentu cukup banyak baik bagi organ hingga pencegahan penyakit.

Daun ketumbar (Coriandrum sativum) adalah bagian dari tanaman yang digunakan sebagai bahan makanan dan rempah-rempah.

Tanaman ini berasal dari wilayah Selatan Eropa dan Timur Tengah, tetapi sekarang telah menyebar ke seluruh dunia dan banyak digunakan dalam berbagai masakan.

Ada beberapa informasi terkait daun ketumbar yang memiliki sederet kandungan vitamin dan mineral lainnya.

Baca Juga: Ini 7 Makanan Pembersih Darah dari Racun untuk Detoksifikasi Alami

Daun ketumbar

Berikut adalah beberapa informasi tentang daun ketumbar:

  • Rasa dan Aroma: Daun ketumbar memiliki rasa yang segar, manis, dan pedas dengan aroma yang khas dan menyenangkan. Beberapa orang menganggap aroma daun ketumbar mirip dengan jeruk atau lemon.
  • Penggunaan dalam Masakan: Daun ketumbar banyak digunakan dalam berbagai masakan, terutama di Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Daun segar atau kering bisa ditambahkan ke sup, salad, saus, kari, dan berbagai hidangan lainnya untuk memberikan rasa dan aroma yang khas.
  • Nutrisi: Daun ketumbar mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan vitamin E. Selain itu, mengandung mineral seperti zat besi, kalsium, dan magnesium.
  • Khasiat Tradisional: Selain digunakan sebagai bumbu makanan, daun ketumbar juga digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan, mengurangi peradangan, dan bahkan membantu mengatasi stres.
  • Penyajian: Daun ketumbar biasanya digunakan sebagai hiasan atau penyedap di atas hidangan setelah dimasak. Mereka juga bisa dicincang dan dicampur dengan bahan lain untuk membuat saus atau adobo.

Setelah mengenal daun ketumbar secara singkat, Anda bisa mempertimbangkan konsumsinya setelah mengetahui manfaatnya untuk kesehatan.

Simak daftar manfaat daun ketumbar untuk kesehatan yang dirangkum melalui laman PharmEasy.

Baca Juga: Luar Biasa, Ini 4 Manfaat Kurma Muda untuk Promil hingga Ibu Menyusui

Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan

Berdasarkan beberapa penelitian, mengonsumsi daun ketumbar mungkin memiliki efek sedatif dan dapat membantu mengatasi insomnia dan kecemasan pada beberapa orang.

1. Meningkatkan Penglihatan Sehat

Kita semua pernah mendengar dari nenek kita untuk memasukkan ketumbar ke dalam makanan kita untuk kesehatan mata . Hal ini karena daun ketumbar mengandung banyak sekali Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E dan karotenoid, yang dapat membantu meningkatkan penglihatan yang baik.

Penelitian juga menegaskan bahwa konsumsi ketumbar setiap hari dapat membantu menunda degenerasi makula terkait usia (ARMD) dan juga menyembuhkan konjungtivitis.

2. Mendukung Kekebalan imun

Daun ketumbar kaya akan Vitamin C dan Vitamin E dan kedua nutrisi ini bersama dengan Vitamin A dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda secara bertahap. Vitamin C dapat membuat sel darah putih bekerja efektif dan juga membantu penyerapan zat besi.

3. Membantu kontrol Gula Darah 

Warna hijau cerah pada ketumbar disebabkan oleh adanya antioksidan yang dapat membantu meningkatkan aktivitas enzim. Dengan demikian, merangsang sekresi insulin yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Dengan menambahkan ketumbar pada setiap makanan atau meminum air yang mengandung ketumbar setiap hari mungkin bermanfaat bagi orang yang menderita kadar gula darah tinggi.

4. Melawan Kolesterol Jahat

Dalam gaya hidup saat ini, setiap orang ketiga menderita masalah kolesterol tinggi. Konsumsi daun ketumbar secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik).

5. Memperkuat Kesehatan Tulang

Daun ketumbar diberkati dengan sejumlah besar mineral yang diperkaya tulang seperti kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor. Fungsi anti-inflamasi ketumbar juga melindungi tulang dari nyeri terkait arthritis.

6. Meningkatkan Kesehatan Usus

Daun ketumbar mengandung banyak serat, yang dapat membantu meredakan masalah pencernaan. Hal ini juga sedang dipelajari untuk berbagai masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, kejang usus, gas atau mual. 

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Menjadi sumber zat besi, Vitamin E dan Vitamin A, ia melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Ketumbar juga berperan sebagai obat untuk kulit berminyak karena kemampuannya menyerap minyak berlebih.

Daun ketumbar juga merupakan agen antimikroba, antiseptik dan antijamur yang dapat membantu menenangkan dan mendinginkan kulit. 

Demikian informasi terkait manfaat daun ketumbar untuk kesehatan yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×