kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,03   -19,46   -2.11%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Cokelat Hitam bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan


Kamis, 23 Desember 2021 / 15:39 WIB
7 Manfaat Cokelat Hitam bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan
ILUSTRASI. Manfaat cokelat hitam bagi kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Cokelat merupakan salah satu makanan yang sehat bagi tubuh manusia. Pasalnya, cokelat hitam adalah makanan yang mengandung banyak gizi. Berikut ini manfaat cokelat hitam.

Cokelat hitam juga memiliki protein lebih tinggi dibandingkan dengan cokelat biasa. Cokelat hitam mengandung lemak dari mentega kakao, sedangkan cokelat biasa berasal dari mentega susu. 

Melansir dari Hello Sehat Kementerian Kesehatan, ada tujuh manfaat cokelat hitam lain bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Menjaga kesehatan jantung

Dilansir dari jurnal Nutrients, kandungan epikatekin, katekin, dan prosianidin dalam cokelat hitam bisa membantu mengurangi penggumpalan darah. Senyawa tersebut meningkatkan fungsi endotelium yang mempunyai peran penting dengan cara kerja jantung.

Sebab, endotelium mengontrol pembekuan darah serta mampu mengendalikan kontraksi pembuluh darah, oleh karena itu cokelat hitam bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Camilan Sehat dan Enak yang Cocok Dimakan saat Diet

2. Mengurangi risiko diabetes

Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung, cokelat hitam juga dapat mengurangi risiko diabetes. Senyawa flavanol dalam cokelat hitam mampu meningkatkan hormon insulin.

Sehingga, sel dalam tubuh bisa merespons dengan baik dengan begitu sel-sel tubuh dapat menyerap glukosa lebih mudah dan mengubahnya menjadi energi. 

3. Menghambat penuaan

Cokelat hitam dipercaya juga dapat menghambat penuaan. Soalnya, cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan yang khas, yaitu flavanol. 

Penelitian Critical Reviews in Food Science and Nutrition menyebutkan, kandungan flavanol mampu meningkatkan peredaran darah pada jaringan kulit.

Ini membuat kulit ter-hidrasi dan kulit akan terasa halus sehingga terhindar dari keriput atau tanda-tanda penuaan lainnya.

Baca Juga: Manfaat Musik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Bisa Tingkatkan Produktivitas juga




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×