kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Makanan Paling Bahaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Disukai Anak-Anak Indonesia


Jumat, 11 Agustus 2023 / 05:00 WIB
7 Makanan Paling Bahaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Disukai Anak-Anak Indonesia
ILUSTRASI.


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Makanan Paling Bahaya untuk Kesehatan - Simak daftar 7 makanan paling bahaya untuk kesehatan.  Dari daftar makanan paling bahaya untuk kesehatan tersebut, dua diantaranya disukai di Indonesia dan anak-anak menyukai salah satunya.

Mengetahui 7 makanan paling bahaya untuk kesehatan adalah hal penting. Dengan demikian, Anda dan keluarga tidak terlalu sering dan kebanyakan konsumsi makanan tersebut.

Pasalnya, memilih jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh termasuk salah satu upaya penting untuk menjaga kesehatan. Selain itu, kita juga harus rajin olahraga dan cukup istirahat.

Ada banyak jenis makanan yang berbahaya dan berdampak negatif bagi kesehatan, meski tampak lezat dan nikmat.

Baca Juga: Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Buat yang Sedang Promil, Catat Apa Saja

Berikut 7 makanan paling bahaya untuk kesehatan:

1. Keripik kentang

Daftar makanan paling bahaya untuk kesehatan yang pertama adalah keripik kentang. Dikutip dari Everyday Health, makan satu ons keripik kentang bisa mengandung 152 kalori dan 10 gram lemak (3 gram lemak jenuh).

Jika Anda makan tiga ons seminggu, dalam satu tahun Anda akan mengonsumsi 23.400 kalori dan menambahkan sekitar 3 kilogram lemak ke lingkar pinggang Anda. Jika Anda mendambakan makanan yang renyah, pilihlah camilan kacang atau sayuran seperti keripik kale.

2. Daging olahan

Daftar makanan paling bahaya untuk kesehatan yang kedua adalah daging olahan. Apa pun cara memasak dan memakannya, daging olahan merupakan makanan yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebuah studi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2015 menemukan bahwa sosis, bacon, dan daging merah lainnya terkait dengan kanker usus.

3. Makanan yang digoreng

Daftar makanan paling bahaya untuk kesehatan yang ketiga adalah gorengan atau makanan yang digoreng. Nah, gorengan adalah makanan yang banyak disukai oleh warga Indonesia.

Bahkan, sebagian besar orang Indonesia makan gorengan setiap hari. Padahal makanan yang digoreng akan mengandung jumlah lemak dan kalori sangat tinggi, dikutip dari Eat This Not That.

Masalah utama dalam makanan yang digoreng adalah kandungan AGEs, senyawa yang terbentuk ketika produk turunan hewani dimasak pada suhu tinggi dalam waktu lama.

Dalam sebuah penelitian, paparan AGEs secara konsisten dari waktu ke waktu bisa menyebabkan peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh, kemudian berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit.

4. Margarin

Daftar makanan paling bahaya untuk kesehatan yang keempat adalah margarin. Margarin merupakan olesan populer yang digunakan untuk memanggang, memasak, dan membumbui di seluruh dunia.

Meskipun sangat disukai, margarin memiliki lemak trans yang tidak sehat. Lemak ini tidak dapat diproses oleh tubuh Anda dan sangat berbahaya. Lemak tersebut dapat meningkatkan peradangan, meningkatkan kadar kolesterol jahat, dan merusak dinding pembuluh darah Anda.

5. Donat

Daftar makanan paling bahaya untuk kesehatan yang kelima adalah donat. Dikutip dari Health Shots, donat yang terbuat dari karbohidrat olahan dan gula putih sangat buruk bagi lingkar pinggang, serta kesehatan secara keseluruhan.

Mereka tidak hanya digoreng tetapi juga sarat dengan lemak trans yang meningkatkan kadar kolesterol dan merusak pembuluh jantung.

6. Mi instan

Daftar makanan paling bahaya untuk kesehatan yang keenam adalah mi instan. Padahal, mi instan adalah salah satu makanan yang digemari anak-anak di Indonesia.

Selain jumlah natrium sangat tinggi, mi instan juga mengandung monosodium glutamat (MSG) dalam jumlah tinggi. Ini merupakan kandungan yang bertindak sebagai racun bagi saraf dan sistem reproduksi.

7. Karbohidrat olahan

Daftar makanan paling bahaya untuk kesehatan yang ketujuh adalah karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan yang biasa ditemukan dalam makanan olahan seperti pasta, roti putih, dan muffin, dengan cepat dipecah oleh tubuh. Ini mengakibatkan lonjakan kadar gula darah yang cepat, sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Itulah daftar makanan paling bahaya untuk kesehatan. Makanan ini boleh dikonsumsi, tapi harus dikontrol, jangan berlebihan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Makanan Terburuk bagi Kesehatan, Apa Saja?",


Penulis : Ahmad Naufal Dzulfaroh
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×