kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Makanan Tidak Sehat dan Bergizi untuk Anak-Anak yang Wajib Dibatasi


Senin, 07 Agustus 2023 / 14:36 WIB
Ini 6 Makanan Tidak Sehat dan Bergizi untuk Anak-Anak yang Wajib Dibatasi
ILUSTRASI. Ini 6 Makanan Tidak Sehat dan Bergizi untuk Anak-Anak yang Wajib Dibatasi


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Anak-Anak - JAKARTA. Kenali daftar makanan tidak sehat dan bergizi untuk anak yang wajib dibatasi. Sebagai orang tua, anak perlu mendapatkan asupan konsumsi makanan dengan gizi yang tinggi dan seimbang.

Sehingga, Anda sebagai orang tua perlu membatasi beberapa makanan tidak sehat dan bergizi yang mudah ditemui beradar saat ini.

Makanan tidak sehat adalah makanan yang rendah gizi dan tinggi kalori, lemak jenuh, gula tambahan, garam, dan bahan tambahan lainnya yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Makanan tidak sehat cenderung memiliki nilai gizi yang rendah dan sering kali disebut "makanan kosong". Hal ini karnea memberikan sedikit manfaat nutrisi bagi tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Vitamin C yang Mengesankan Bagi Tubuh, Cek Juga Efek Sampingnya

Makanan tidak sehat untuk anak

Konsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

Di sisi lain, makanan bergizi menjadi makanan yang mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak-anak.

Makanan bergizi harus kaya akan vitamin, mineral, protein, karbohidrat kompleks, serat, dan lemak sehat. Makanan ini membantu meningkatkan kesehatan, fungsi otak, dan daya tahan tubuh.

Contoh makanan bergizi untuk anak-anak meliputi:

  • Buah dan sayuran segar: Sumber vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan.
  • Sereal utuh: Sereal seperti oatmeal, beras merah, dan gandum utuh mengandung serat, vitamin, dan mineral.
  • Protein sehat: Telur, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak merupakan sumber protein yang baik.
  • Air putih: Penting untuk menjaga tubuh terhidrasi.

Nah, sebagai orang tua, Anda pelru mengenalkan beberapa bahaya makanan berikut agar konsumsinya mudah dibatasi hingga tumbuh dewasa.

Simak daftar makanan tidak sehat dan bergizi untuk anak-anak dilansir dari Being The Parent.

Baca Juga: 7 Manfaat Zat Besi untuk Bayi dan Tubuh yang Perlu Diketahui

Makanan tidak sehat untuk anak-anak

1. Makanan cepat saji

Makanan tidak sehat untuk anak

Seperti burger, kentang goreng, nugget, dan makanan cepat saji lainnya. Makanan ini cenderung mengandung tinggi lemak jenuh, garam, dan kalori, tetapi rendah serat dan nutrisi penting lainnya.

Penelian dari American Academy of Pediatrics secara khusus menyebut hot dog sebagai salah satu makanan tidak sehat terkemuka yang terkait dengan tersedak yang fatal.

Selain berisiko tersedak, makanan ini digoreng/dipanggang, mengandung bahan pengawet dan tidak memberikan nutrisi apapun.

2. Minuman bersoda dan manis

Minuman soda

Minuman ini mengandung gula tambahan yang tinggi dan kalori berlebih tanpa nutrisi esensial. Konsumsi berlebihan minuman manis terkait dengan risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Soda sarat dengan gula dan sirup jagung fruktosa tinggi, ditambah lagi mengandung fosfor, bahan yang dapat menguras kadar kalsium dalam pertumbuhan tulang.

3. Permen dan camilan manis

Permen

Makanan ringan yang tinggi gula dan lemak trans dapat menyebabkan lonjakan energi singkat dan kekurangan nutrisi. Adanya sifat aditif dari makanan manis yang mengandung bahan kimia bisa saja menyebabkan sakit kepala, obesitas, kerusakan jaringan dan kanker.

4. Makanan olahan

Mie instan

Makanan yang diolah secara berlebihan sering kali mengandung gula, garam, dan lemak tambahan yang tinggi. Contohnya adalah mie instan, sosis, kornet, dan makanan kaleng.

Selain itu, Anak-anak mudah tertarik dengan berbagai bentuk yang mengundang mereka untuk terus konsumsi makanan olahan tersebut.

5. Telur dan Daging Mentah

Daging merah

Telur setengah matang adalah camilan yang mudah untuk anak-anak. Namun perlu diperhatikan bahwa telur dan daging mentah mengandung bakteri salmonella.

Meski tidak berbahaya, kondisinya menjadi serius saat bakteri memasuki aliran darah. Ini bisa terjadi pada anak kecil, yang sistem kekebalannya lemah dan dalam tahap berkembang.

Pastikan dagingnya benar-benar matang, yaitu "matang", bahkan tidak sedikit merah muda dan memilih telur rebus yang sudah matang.

6. Biji Buah

Tips Cegah Oksidasi pada Buah Apel

Sajian buah-buahan segar untuk anak-anak adalah bagian yang sangat penting dari gizi seimbang. Namun, kehati-hatian harus dilakukan dengan buah-buahan yang mengandung batu atau biji kecil - misalnya ceri, apel, plum, persik, aprikot, dll.

Bijinya mengandung amygdalin, yang menghasilkan sianida yang merupakan racun berbahaya sehingga bisa menyebabkan keracunan.

Penting bagi orangtua dan pengasuh untuk memberikan pola makan yang seimbang dan bergizi untuk anak-anak agar mereka tumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki kesehatan yang optimal.

Demikian informasi terkait daftar makanan tidak sehat dan bergizi untuk anak-anak yang wajib dibatasi oleh orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×