kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah


Senin, 07 Maret 2022 / 11:20 WIB
7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah
ILUSTRASI. Ilustrasi cara menjaga kesehatan jantung.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting untuk dilakukan. Pasalnya, jantung adalah salah satu organ vital dalam tabuh manusia. 

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan adalah merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Mulai dari menjaga asupan makanan, tidur teratur, olahraga dan masih banyak lagi. 

Jantung mempunyai peran penting dalam tubuh, salah satunya berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. 

Baca Juga: Ketahui 8 Cara Menghilangkan Stres dan Menjaga Kesehatan Mental

Terdapat beberapa cara dan tips menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan yang dilansir Health berikut ini: 

1. Olahraga Rutin

Berolahraga secara rutin merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang sangat bisa Anda lakukan dengan mudah. Anda bisa memilih berbagai macam olahraga yang Anda sukai sekaligus bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Konsultasi dengan Dokter Secara Teratur

Berkonsultasi dengan dokter secara teratur adalah hal yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Periksalah tekanan darah, kolesterol, gula darah dan sebagainya secara teratur agar kesehatan tubuh bisa terus terpantau.

3. Diet

Beberapa program diet juga bisa menjaga kesehatan jantung loh. Salah satunya diet DASH. Penelitian menunjukkan bahwa DASH menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung. 

Baca Juga: Ketahui 5 Makanan yang Mengadung Vitamin E Tinggi Baik untuk Kesehatan

4. Mengelola Stres 

Stres berat bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan berbagai penyakit serius lainnya. Oleh karena itu penting untuk bisa mengelola stres agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut, khususnya menjaga kesehatan jantung. 




TERBARU

[X]
×