7 Cara Mengencangkan Kulit yang Tak Boleh Terlewatkan, Jadi Awet Muda!

Selasa, 23 Agustus 2022 | 11:32 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Cara Mengencangkan Kulit yang Tak Boleh Terlewatkan, Jadi Awet Muda!

ILUSTRASI. Cara mengencangkan kulit


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa cara mengencangkan kulit yang tak boleh terlewatkan. Selain mampu membuat kulit kencang dan awet muda, hal tersebut juga baik untuk kesehatan kulit juga.

Kulit kencang akan membuat Anda lebih terlihat lebih awet muda, hal tersebut banyak menjadi idaman banyak orang. Pasalnya, semakin bertambahnya usia kulit akan semakin kendur dan membuat rasa percaya diri berkurang.

Efek kulit kendur tersebut mungkin tidak mudah dibalikkan, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Baca Juga: 5 Striker Terbaik Dunia yang Akan Menjalani Debut di Piala Dunia 2022 Qatar

Melansir dari Byrdie, ada beberapa cara mengencangkan kulit yang bisa Anda lakukan menurut Carlos Charles, salah satu dokter kulit bersertifikat Anthony Rossi, MD, dan ahli kimia kosmetik Shuting Hu. 

1. Jangan Lupakan SPF Anda

Cara mengencangkan kulit yang pertama adalah jang lupakan Sun Protector Factor (SPF). Pasalnya, Garis-garis halus, kerutan, dan hiperpigmentasi adalah beberapa masalah kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan sinar UV. 

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi sangat baik untuk mengencangkan kulit. Contohnya, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan atau menggunakan masker berbahan alami yang mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Pasalnya, Antioksidan adalah bahan kuat yang bekerja untuk melindungi kulit Anda dari radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan banyak masalah bagi sel-sel kulit, dan meskipun secara alami diproduksi oleh tubuh, kulit kita dapat terpapar melalui sumber eksternal seperti sinar UV dan polusi.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Ada Pertandingan Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang

3. Tidur

Bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur dapat berdampak langsung pada kesehatan kulit. Oleh karena itu penting untuk menjaga pola tidur yang baik agar bisa membantu mengencangkan dan terhindar dari kulit kendur. 

4. Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan paling populer di bidang perawatan kulit khususnya bisa mengencangkan kulit. Vitamin C bisa Anda dapatkan dari buah, sayuran dan berbagai makanan sehat lainnya. 

Selain itu, vitamin C juga mempercepat produksi kolagen dan elastin, yang menjaga kulit tetap kencang.

Baca Juga: Ampuh! Begini Cara Mengatasi Sakit Pinggang Secara Alami

5. Kelola Stres

Perlu Anda ketahui bahawa stres bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya kesehatan kulit. Mengelola stres menjadi salah satu cara menjaga kulit kencang dan menghindari penuaan.

Stres menyebabkan peradangan dan menghentikan kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri. Hormon kortisol terutama bertanggung jawab atas kerusakan kolagen dan elastin di kulit.

6. Lakukan Perawatan Kulit

Perawatan kulit juga dapat meningkatkan kekencangan kulit, jadi jika Anda mencari perbaikan permanen, ada beberapa pilihan yang dapat Anda pertimbangkan. Konsultasilah dengan dokter ahlinya agar perawatan kulit berjalan maksimal dan membuat kulit lebih kencang serta terlihat awet muda.

Baca Juga: 6 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui

7. Menjaga Cairan Tubuh

Cara mengencangkan kulit yang terakhir adalah dengan menjaga asupan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup. Pasalnya, asupan cairan sangat penting untuk membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Air putih mampu menjaga kulit lebih kenyal dan menghilangkan garis-garis penuaan jika terhidrasi dengan baik. 

Demikian beberapa cara mengencang dan menjaga kesehatan kulit yang bisa Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru