kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,87   8,42   0.91%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Cara mengatasi perut kembung ini mudah, apa saja?


Senin, 06 Desember 2021 / 15:13 WIB
7 Cara mengatasi perut kembung ini mudah, apa saja?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Secara umum, Anda mengalami perut kembung karena gas yang menumpuk di saluran pencernaan Anda. Tentu saja hal itu bisa membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu aktivitas yang Anda jalani. Untuk mengatasinya, Anda perlu mencoba cara mengatasi perut kembung.

Ada beberapa faktor yang jadi penyebab perut kembung. Mulai dari perubahan hormon, mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu, sembelit, alergi makanan, atau masalah pencernaan yang lain.

Sebenarnya, perut kembung bisa hilang dengan sendirinya. Namun, cara-cara di bawah ini dapat mempercepat proses penyembuhan. Dengan begitu, Anda bisa merasa lebih nyaman dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Konsumsi Probiotik

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan, perut kembung bisa diatasi dengan makan probiotik. Nutrisi itu baik untuk bakteri dalam usus sehingga produksi gas dapat berkurang. Selain dalam bentuk suplemen, probiotik juga bisa Anda temukan dalam yogurt atau makanan fermentasi yang lain.

Baca Juga: Ini 6 ciri-ciri asam lambung yang wajib Anda waspadai

Hindari Mengunyah Permen Karet

Supaya perut kembung tak semakin parah, sebaiknya hindari mengunyah permen karet. Jenis gula yang terkandung dalam permen tersebut dapat menambah jumlah gas. Selain itu, mengunyah permen karet juga meningkatkan jumlah udara yang masuk ke saluran pencernaan.

Manfaatkan Air Hangat

Anda bisa menggunakan air hangat untuk mandi atau sekadar merendam kaki. Aktivitas itu bisa membuat tubuh rileks sehingga stres pun mereda. Akibatnya, sistem pencernaan bisa berjalan lebih normal, jadi perut kembung pun dapat teratasi.

Hindari Konsumsi Soda

Salah satu cara mengatasi perut kembung adalah dengan menghindari minuman bersoda.

Seperti yang telah disebutkan, mengonsumsi jenis makanan atau minuman tertentu dapat menyebabkan perut kembung. Salah satu jenis minuman yang dimaksud adalah minuman bersoda. Selain itu, minuman yang mengandung pemanis buatan juga menimbulkan efek yang sama.

Berjalan

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya adalah dengan berjalan. Aktivitas fisik tersebut dapat menstimulasi gerakan usus. Akibatnya, gas dan feses yang menyebabkan perut kembung dapat keluar dengan lebih mudah.

Baca Juga: Cari cara mengatasi perut kembung? Pakai 5 bahan ini

Hindari Garam

Menghindari konsumsi garam termasuk cara mengatasi perut kembung.

Menghindari konsumsi garam bisa jadi cara selanjutnya supaya perut tak lagi kembung. Selain itu, membatasi konsumsi garam juga dapat menghindari pembengkakan di beberapa bagian tubuh karena air yang tertahan.

Pakai Essential Oil

Mengutip dari Medical News Today, essential oil bisa digunakan untuk mengobati perut kembung, sakit perut, atau masalah pada sistem pencernaan yang lain. Namun, supaya hasilnya bisa maksimal, cobalah untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan essential oil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×