kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 ciri-ciri asam lambung yang wajib Anda waspadai


Senin, 06 Desember 2021 / 12:07 WIB
Ini 6 ciri-ciri asam lambung yang wajib Anda waspadai


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung naik bisa dialami oleh siapa saja. Supaya Anda bisa segera melakukan perawatan yang tepat, penting bagi Anda untuk mengenali kondisi apa saja yang tergolong dalam ciri-ciri asam lambung.

Zat asam dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai macam hal. Mulai dari menetralkan enzim yang berasal dari mulut, membunuh bakteri, dan mencerna makanan supaya nutrisi dalam makanan itu dapat terserap secara maksimal.

Ada banyak faktor penyebab asam lambung rendah yang mengakibatkan fungsi-fungsi tersebut tak dapat bekerja optimal. Mulai dari penggunaan obat tertentu, usia, hingga sensitif terhadap makanan. Jika Anda mengalami gejala asam lambung berikut, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Perut Kembung

Makanan yang terlalu lama mengendap dalam sistem pencernaan dan tidak segera tercerna mengakibatkan produksi gas meningkat. The Acid Reflux Solution (theacidrefluxsolution.com) mengatakan bahwa hal itulah yang mengakibatkan perut Anda terasa kembung setelah Anda mengonsumsi makanan.

Baca Juga: Catat! Ini 6 makanan yang dilarang untuk penyakit jantung

Selalu Lapar

Ciri-ciri asam lambung selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah Anda selalu merasa lapar meski Anda baru selesai makan. Tubuh kesulitan menyerap nutrisi yang dibutuhkan karena asam lambung tidak dapat melakukan fungsinya dengan benar.

Mual

Salah satu ciri-ciri asam lambung adalah mual.

Mual jadi ciri-ciri asam lambung yang tidak boleh Anda abaikan. Umumnya, kondisi itu terjadi setelah Anda mengonsumsi sekitar 4 ons daging. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi rasa mual karena asam lambung, misalnya dengan mengonsumsi jahe.

Heartburn

Ciri-ciri asam lambung mengakibatkan Anda sering bersendawa dan merasakan heartburn. Heartburn adalah istilah yang menggambarkan sensasi terbakar dari perut ke saluran pencernaan atas karena katup bawah kerongkongan tak dapat mengatasi desakan gas.

Baca Juga: Konsumsi 5 makanan ini sebagai cara mengatasi maag

Sakit Tenggorokan dan Suara Serak

Sakit tenggorokan termasuk ciri-ciri asam lambung.

Ketika heartburn terjadi secara terus-menerus, bukan tidak mungkin tenggorokan Anda menjadi iritasi. Hal itu membuat tenggorokan Anda terasa sakit. Suara Anda pun bisa menjadi serak karena heartburn yang terus berlangsung.

Bau Mulut Tak Sedap

Mengutip dari The Acid Reflux Solution, makanan yang tak tercerna dengan baik akibat asam lambung yang terlalu sedikit dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Hal itu disebabkan karena sisa makanan mengendap dan memproduksi zat racun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×