kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Buah yang Bisa Bikin Darah Tinggi Jinak Lagi, Ada Pisang dan Semangka


Senin, 11 September 2023 / 09:22 WIB
7 Buah yang Bisa Bikin Darah Tinggi Jinak Lagi, Ada Pisang dan Semangka


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk mencegah lonjakan tekanan darah tinggi yang bisa mengancam jiwa, penderita hipertensi harus senantiasa memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. 

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah faktor risiko yang paling umum yang dapat dicegah untuk penyakit jantung. Dikutip dari Healthline, lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia memiliki tekanan darah tinggi, yang didefinisikan sebagai nilai tekanan darah sistolik (SBP, angka atas) 130 mm Hg atau lebih, tekanan darah diastolik (DBP, angka bawah) lebih dari 80 mm Hg, atau keduanya. 

Bagi penderita hipertensi, diet sehat sangat penting dilakukan untuk menurunkan tekanan darah dan untuk mempertahankan tekanan darah normal. 

Salah satu diet sehat bagi penderita hipertensi adalah dengan mengonsumsi buah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti potasium dan magnesium, dapat mengurangi tingkat tekanan darah. 

Baca Juga: Tak Hanya Keputihan, Ini Gejala Diabetes yang Muncul pada Perempuan

Buah penurun tekanan darah tinggi 

Berikut adalah buah penurun tekanan darah tinggi: 

1. Semangka 

Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline. Tubuh mengubah citrulline menjadi arginine yang dapat membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong kelenturan di arteri. 

Baca Juga: Cara Praktis Turunkan Berat Badan dengan Air Putih, Sudah Tahu?

Efek ini bisa membantu aliran darah dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam suatu penelitian, orang dewasa dengan obesitas dan ringan atau prehipertensi mengonsumsi ekstrak semangka yang mengandung 6 gram (g) L-citrulline/L-arginine. 

Setelah 6 minggu, para peserta melihat penurunan tekanan darah di pergelangan kaki dan arteri brakialis. Arteri brakialis adalah arteri utama di lengan atas.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×