kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Bahan Alami Penurun Kolesterol Tinggi dan Cara Membuatnya di Rumah


Sabtu, 04 November 2023 / 13:05 WIB
7 Bahan Alami Penurun Kolesterol Tinggi dan Cara Membuatnya di Rumah
ILUSTRASI. 7 Bahan Alami Penurun Kolesterol Tinggi dan Cara Membuatnya di Rumah.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Selain menggunakan obat-obatan kimia, ada beberapa bahan alami yang dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

Melansir situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penumpukan kolesterol jahat dapat menyumbat pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit serangan jantung hingga stroke. 

Oleh sebab itu, penderita kolesterol tinggi wajib mengontrol asupan makanan dan pola hidup agar kadar kolesterol tetap normal. 

Baca Juga: 10 Tanda Ginjal Anda Bermasalah Ini Wajib Diketahui, Cek Apa Saja Tandanya

Selain itu, konsumsi obat tradisional juga bisa membantu menurunkan dan menjaga kolesterol tetap pada angka normal. 

Merangkum situs Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulon Progo, berikut ini beberapa obat tradisional penurun kolesterol tinggi dan cara meraciknya. 

Temulawak

Banyak rempah-rempah khas Nusantara yang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Salah satu rempah yang bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan kolesterol adalah temulawak. 

Anda cukup menyiapkan 3 jari rimpang temulawak segar. Selanjutnya kupas kulit temulawak lalu diparut, tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. 

Setelah dingin, endapannya dibuang, air rebusan temulawak bisa diminum. Lakukan pengobatan ini setiap hari untuk menurunkan dan menjaga kolesterol tetap normal.

Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih berkhasiat untuk menurunkan kolesterol yang melonjak. Bawang tersebut sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar atau mentah.

Siapkan 20 gram bawang merah segar. Kemudian Bawang merah diiris tipis-tipis, dimakan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran yang sama.

Sedangkan untuk pengobatan penurun kolesterol dengan bawang putih, yang perlu Anda persiapkan yakni 1-2 siung bawang putih. 

Selanjutnya bawang putih diiris tipis-tipis dan dibuat bulatan kecil. Telan irisan bawang putih mentah tersebut. Obat alami penurun kolesterol tinggi dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari.

Daun sirih

Daun sirih sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Indonesia. Biasanya rebusan daun sirih dicampur dengan perasan kunyit dan asam jawa untuk meringankan nyeri haid. 

Bahan alami ini ternyata juga mampu menurunkan kolesterol tinggi. Anda bisa merebus 15 lembar daun sirih segar dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. 

Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Minum air rebusan daun sirih ini setiap hari agar kolesterol Anda turun.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Autoimun, Gejala yang Muncul, dan Jenis Penyakit Autoimun

Selederi

Bahan alami penurun kolesterol selanjutnya adalah selederi. Sayuran yang sering digunakan sebagai pemanis masakan ini, memiliki khasiat yang baik untuk penderita kolesterol tinggi dan juga darah tinggi.

Siapkan 30 gram akar selederi segar. Kemudian akar selederi dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, minum sekaligus.

Wortel

Ada banyak sayuran yang bisa membantu menurunkan kolesterol, salah satunya wortel. Tanaman ini mengandung alkaloid, flavonoid, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, B, C dan D, juga betakaroten dan asam lemak tak jenuh ganda. 

Vitamin C pada wortel berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kolesterol LDL dari proses oksidasi. 

Meracik wortel menjadi obat penurun kolesterol cukup mudah. Siapkan 5 buah wortel segar ukuran sedang lalu dicuci bersih dan diblender atau diparut. 

Kemudian peras dan saring wortel yang sudah larut tersebut. Minum air wortel tersebut setiap hari.

Asam jawa

Asam jawa memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Salah satu bahan herbal ini mudah ditemukan dan harganya pun cukup terjangkau.

Membuat obat tradisional dengan asam jawa cukup sederhana. Cuci bersih 12 gram daun asam segar lalu rebus dengan air 1 gelas selama 15 menit. 

Setelah dingin, air disaring lalu minum air rebusan asam jawa tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Buah belimbing

Buah belimbing mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B dan C. Buah ini berkhasiat sebagai antiinflamasi, peluruh kencing (diuretik) dan peluruh air liur (sialagoga).

Agar kolesterol tinggi Anda kembali normal, Anda bisa mengonsumsi belimbing manis ukuran besar setelah makan pagi dan makan malam sebanyak 1 buah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×