kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Bahan Alami untuk Obat Jamur Kulit dari Rumah, Sedia Kunyit hingga Cuka Apel


Selasa, 25 Juli 2023 / 14:43 WIB
6 Bahan Alami untuk Obat Jamur Kulit dari Rumah, Sedia Kunyit hingga Cuka Apel
ILUSTRASI. 6 Bahan Alami untuk Obat Jamur Kulit dari Rumah, Sedia Kunyit hingga Cuka Apel


Penulis: Bimo Kresnomurti

Obat Jamur Kulit - JAKARTA. Simak beberapa bahan alami untuk obat jamur kulit di rumah. Penderita sakit kulit berikut ini perlu mencoba pengobatan alternatif apabila gejala masih dikatakan ringan.

Jamur kulit pada manusia merupakan infeksi jamur yang mempengaruhi kulit, kuku, atau rambut yang tumbuh karena beberapa faktor.

Infeksi jamur kulit bisa disebakan oleh organisme mikroskopis yang disebut jamur manusia.

Nah, jamur ini tumbuh dan berkembang biak di permukaan kulit atau di dalam rambut dan kuku.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Menyebabkan Kulit Kering, Salah Satunya Kurang Minum Air Putih

Kulit kepala gatal

Jenis Jamur Kulit

Beberapa jenis jamur kulit yang umum adalah:

  • Kurap (Tinea Corporis): Jenis infeksi jamur ini mempengaruhi permukaan kulit dan biasanya ditandai dengan bercak merah yang terasa gatal dan bersisik.
  • Kurap Kepala (Tinea Capitis): jamur ini mempengaruhi kulit kepala dan rambut. Biasanya terjadi pada anak-anak dan ditandai dengan kulit kepala yang merah, gatal, dan rambut yang mudah rontok.
  • Kurap Kaki (Tinea Pedis): Infeksi jamur ini juga dikenal sebagai kadas atau "athlete's foot". Infeksi ini terjadi di antara jari-jari kaki dan pada bagian bawah kaki. Ditandai dengan kulit yang pecah-pecah, terasa gatal, dan terkadang mengelupas.
  • Kurap Tangan (Tinea Manuum): Infeksi jamur ini terjadi di tangan dan ditandai dengan kulit kering, pecah-pecah, dan terkadang mengelupas.
  • Kurap Kuku (Tinea Unguium): Infeksi jamur ini mempengaruhi kuku dan membuatnya menjadi berubah warna, kasar, dan menebal.

Baca Juga: Ciri-Ciri Asam Urat di Tangan & Kaki, Cek Mitor Sawi Hijau Untuk Asam Urat

Apabila Anda mengalami gejala gatal dan peningkatan rasa sakit pada kulit, Anda bisa mencoba beberapa pengobatan dari rumah.

Simak beberapa bahan alami atasi jamur kulit dengan mudah dilansir dari Pharmaeasy.

Bahan alami untuk obat jamur kulit

1. Cuka Apel

Salah satu bahan alami untuk obat jamur kulit adalah cuka apel. Pada dasarnya, cuka sari apel memiliki sifat antijamur.

Anda bisa mencampurkan dua sendok makan ke dalam air hangat dan meminumnya atau mencelupkan bola kapas ke dalamnya dan mengoleskannya ke kulit.

Penderita bisa menerapkan cara ini dengan frekuensi tiga kali sehari akan menghasilkan hasil yang bermanfaat.

2. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu antimikroba dan anti-inflamasi yang kuat. Campur dengan sedikit air dan oleskan pada area yang terinfeksi.

Untuk mendapatkan manfaat di lingkungan tubuh bagian dalam, campurkan dengan air hangat, atau minum teh kunyit. Bahan ini adalah salah satu pengobatan rumah termudah untuk infeksi jamur karena kunyit di jual di lingkungan rumah Anda.

3. Lidah Buaya

Salah satu solusi alami yang paling teruji waktu untuk menyembuhkan infeksi kulit adalah lidah buaya. Ini tidak hanya mengobati infeksi tetapi juga menenangkan dan memperbaiki kerusakan kulit.

4. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu herbal antijamur dan antimikroba yang bisa menjadi pengobatan alami. Penderita bisa konsumsi bawang putih secara teratur kurang rentan terhadap infeksi jamur.

Anda bisa memulainya dengan menghancurkan beberapa bawang putih dengan sedikit minyak zaitun pada makanan sehari-hari Anda.

Oleskan ke area yang terinfeksi selama beberapa hari untuk mendapatkan perubahan.

5. Minyak Kelapa

Dalam bentuknya yang tidak dipanaskan, bahkan minyak kelapa bekerja sebagai agen antijamur yang manjur. Anda bisa menerapkannya di atas kulit menjadikannya obat topikal yang baik dan aman.

Karena mudah di kulit, juga berguna untuk mengobati kurap kulit kepala. Anda bisa memakai ini pada area kulit dengan frekuensi tiga kali sehari.

6. Mandi 2 kali sehari

Dengan mandi dengan frekuensi yang lebih banyak dan bersih tentu Anda juga bisa mencegah jamur menyebar. Pastikan Anda juga rajin membersihkan area tempat istirahat seperti kursi, sofa, hingga kasur.

Infeksi jamur kulit umumnya menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, atau melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi jamur, seperti lantai kamar mandi atau alas kaki orang yang terinfeksi.

Pengobatan infeksi jamur kulit biasanya melibatkan penggunaan salep atau krim antijamur yang dioleskan langsung pada area yang terinfeksi.

Untuk kasus yang lebih parah atau meluas, dokter dapat meresepkan obat antijamur dalam bentuk pil atau kapsul.

Demikian informasi terkait pengobatan alternatif dengan bahan alami untuk obat jamur kulit yang patut Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×