6 Penyebab Diare yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Alergi Makanan

Jumat, 25 Februari 2022 | 11:32 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Penyebab Diare yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Alergi Makanan

ILUSTRASI. Ilustrasi penyebab diare.


KONTAN.CO.ID - Diare merupakan salah satu penyakit gangguan pencernaan yang cukup mengganggu aktivitas karena membuat penderitanya harus bolak-balik ke toilet. Penyebab diare bisa dipengaruhi oleh banyak faktor dan harus diwaspadai. 

Pasalnya, ada beberapa penyebab diare jika dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan khususnya sistem pencernaan. 

Selain membuat penderitanya bolak-balik toilet, diare kerap menimbulkan gejala lain seperti kembung, mual hingga muntah-muntah. 

Baca Juga: Tips Menurunkan Gula Darah, Coba 5 Bahan Alami Ini, Manjur!

Biasanya kebanyakan penyebab diare itu disebabkan oleh asupan makanan yang kurang baik. Contohnya seperti kadaluarsa, basi, atau makanan mentah. 

Merangkum dari Very Well Health, terdapat beberapa penyebab diare yang perlu diwaspadai supaya Anda bisa menghindari diare saat melakukan berbagai aktivitas. Penyebab diare tersebut di antaranya: 

1. Alkohol

Penyebab diare yang pertama adalah terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal tersebut dikarenakan alkohol bisa menurunkan kinerja usus besar sehingga air tidak bisa terserap secara maksimal, akibatnya tinja pun mengandung banyak air yang membuat mules.

2. Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan salah satu penyebab diare juga yang harus diwaspadai. Jika Anda mengalami IBS segera periksa ke dokter, pasalnya gejala IBS biasanya relatif lama. 

3. Obat Tertentu 

Mengkonsumsi obat-obat tertentu bagi sebagian orang dapat menyebabkan diare. Salah satunya seperti pengobatan kemoterapi. 

Jika setelah melakukan pengobatan Anda mengalami diare yang cukup parah, segera hubungi dokter atau tenaga medis. Pasalnya, ditakutkan diare tersebut menjadi tanda adanya gangguan kesehatan lain. 

Baca Juga: 4 Cara Merawat Kesehatan Mental Saat Menjalin Hubungan dengan Pasangan

4. Alergi Makanan 

Penyebab diare lainnya adalah alergi makanan. Salah satunya penyebab diare satu ini sangat mungkin bisa dihindari, jika Anda mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi. 

Biasanya jika diare disebabkan oleh alergi makanan, reaksi alergi tersebut akan mulai terasa dalam kurun waktu 24 jam. 

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru