CLOSE [X]

6 Obat Pelancar Haid dari Bahan Alami yang Bisa Jadi Opsi

Rabu, 29 Desember 2021 | 15:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Obat Pelancar Haid dari Bahan Alami yang Bisa Jadi Opsi

ILUSTRASI. Anda bisa mengonsumsi bahan alami sebagai obat pelancar haid.


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa kasus di mana siklus menstruasi tidak berjalan teratur. Tentu saja, hal itu bisa menyebabkan masalah kesehatan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa bahan alami yang tergolong dalam obat pelancar haid.

Siklus menstruasi yang tidak lancar bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari ketidakseimbangan hormon, obesitas, stres, pola hidup yang kurang sehat, hingga kondisi kesehatan tertentu.

Biasanya, siklus menstruasi yang tidak teratur dibarengi dengan gejala yang lain. Misalnya, sakit pinggang, kram perut, dan darah yang menggumpal saat siklus menstruasi datang.

Cara melancarkan haid bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi bahan alami. Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter supaya kesehatan tubuh Anda lebih terkontrol.

Kayu manis

Tahukah Anda bahwa kayu manis bisa dijadikan obat pelancar haid? Bahan alami itu mampu memperlancar aliran darah menuju rahim.

Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi kayu manis yang dicampur dengan susu efektif mengurangi sakit perut, mual, dan muntah saat menstruasi.

Baca Juga: Tak Hanya Meredakan Batuk, Ini Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Kunyit

Mengutip Pharmeasy, mengonsumsi kunyit, madu, dan susu setiap hari bisa jadi cara memperlancar haid. Selain itu, antiinflamasi dan kandungan lain yang terdapat dalam bahan-bahan alami itu mampu meredakan nyeri perut saat menstruasi Anda alami.

Cuka apel

Salah satu bahan alami yang efektif digunakan sebagai obat pelancar haid adalah cuka apel. Anda bisa mencampur cuka apel dengan air dan madu supaya terasa lebih lezat.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, jumlah hormon menjadi lebih seimbang sehingga menstruasi menjadi lebih lancar.

Lidah buaya

Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai obat pelancar haid.

Pharmeasy merekomendasikan lidah buaya sebagai obat pelancar haid alami. Lidah buaya mampu menyeimbangkan jumlah hormon dalam tubuh. Namun, jangan mengonsumsi lidah buaya saat menstruasi, ya. Hal itu justru dapat memperparah kontraksi rahim.

Cobalah untuk rutin mengonsumsi lidah buaya saat tidak menstruasi. Selain memberikan manfaat tersebut, mengonsumsi lidah buaya juga baik untuk metabolisme dan kesehatan sistem pencernaan. Bahkan, mengonsumsi bahan alami itu juga mampu menurunkan berat badan Anda.

Baca Juga: Inilah segudang manfaat air putih hangat di pagi hari

Buah Bit

Cara agar cepat haid berikutnya bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah bit secara rutin. Sama seperti bahan alami yang lain, jenis umbi-umbian itu juga mampu meredakan gejala menstruasi yang biasa Anda alami.

Pepaya

Supaya siklus menstruasi lebih lancar, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi pepaya, apalagi dalam keadaan mentah. Jenis buah itu bisa memicu kontraksi rahim. Akibatnya, menstruasi pun Anda alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru