kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak Hanya Meredakan Batuk, Ini Manfaat Kencur Untuk Kesehatan


Senin, 20 Desember 2021 / 18:24 WIB
Tak Hanya Meredakan Batuk, Ini Manfaat Kencur Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Kencur efektif meredakan batuk.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kencur, rempah yang kerap diolah menjadi jamu. Selain ampuh mengatasi batuk, ini manfaat kencur untuk kesehatan. 

Para penggemar jamu tradisional pasti sudah tidak asing dengan kencur. 

Baca Juga: 6 Jus buah dan sayur yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi

Kencur cukup mudah dijumpai di pasar tradisional dan pasar modern. Sedangkan untuk tanaman kencur banyak ditemukan di pekarangan atau kebun. 

Maklum saja, kencur masuk dalam daftar Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Melansir dari buku berjudul Atasi Asam Urat & Rematik ala Hembing, kencur mengandung minyak atsiri, alkaloid, flavonoid, dan pati. 

Selain itu, kencur juga memiliki efek farmakologis sebagai penghilang rasa sakit alias analgetik, antibatuk, peluruh dahak, dan meningkatkan nafsu makan. 

Hal itu membuat kencur dipercaya berkhasiat sebagai obat herbal penumpas banyak penyakit. 

Manfaat kencur 

Dari seluruh bagian tanaman kencur, rimpang kencur yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Daging rimpang kencur berwarna putih dan memiliki aroma yang khas. 

Berikut ini manfaat kencur sebagai obat herbal

1. Rematik dan pegal linu 

Rematik bisa menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Kencur kaya akan minyak atsiri dan antioksidan yang dipercaya efektif sebegai obat herbal rematik. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup merebus 10 gram-30 gram kencur sampai mendidih. Setelah hangat, Anda minum air rebusan kencur secara sekaligus. 

2. Batuk 

Kencur memiliki efek farmakologis antibatuk. Hal inilah yang membuat kencur dipercaya efektif meredakan batuk. 

Melansir dari buku berjuduk Daftar Tanaman Obat Indonesia & Khasiatnya, karya Nafan Akhun, Anda cukup menyiapkan 1 buah rimpang kencur. 

Anda cuci bersih rimpang kencur setelah itu parut. Anda tambahkan satu cangkir air hangat lalu peras. Anda minum air perasan kencur dengan tambahan sedikit garam. 

3. Diare 

Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat menderita diare. Maklum saja, diare membuat tubuh menjadi lemas karena kehilangan banyak cairan tubuh. 

Kencur efektif sebagai obat herbal untuk diare, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia. 

Cara membuat obat herbal unduk diare dari kencur cukup mudah, ini resepnya. 

Bahan 

  • Kencur 2 rimpang 
  • Air hangat 1 cangkir 
  • Garam secukupnya

Cara membuat 

Anda cuci kencur di bawah air mengalir. Anda parut kencur lalu tambahkan air hangat dan garam. Setelah itu Anda peras dan saring. Anda balurkan ramuan herbal tersebut di atas perut. 

4. Melancarkan haid 

Anda sering mengalami haid tidak lancar? Kencur bisa jadi solusinya. Untuk merasakan manfaatnya Anda siapkan 2 buah kencur sebesar ibu jari, daun trengguli 1 lembar, biji cengkeh 2 buah, dan adas pulawaras secukupnya. 

Anda rebus semua bahan dengan satu liter air sampai mendidih. Setelah itu Anda saring dan dinginkan. Anda minum obat herbal tersebut dua kali sehari. 

5. Masuk angin 

Masuk angin merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat. Untuk Anda yang enggan minum obat kimia, kencur bisa jadi solusinya. 

Anda cukup mengkonsumsi 1 buah kencur sebesar ibu jari dengan garam. Setelah itu Anda minum 1 gelas air putih. Anda bisa mengonsumsi obat herbal tersebut dua kali sehari. 

6. Perut kembung dan radang lambung 

Kencur dipercaya efektif untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, salah satunya perut kembung dan radang lambung. 

Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup merebus 10 gram - 30 gram kencur dengan air sampai mendidih. Setelah hangat Anda minum air rebusan kencur secara sekaligus. 

Baca Juga: 5 Manfaat jahe merah sebagai obat herbal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×