CLOSE [X]

6 Obat Herbal Sesak Nafas yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Rabu, 26 Januari 2022 | 12:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Obat Herbal Sesak Nafas yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

ILUSTRASI. Obat herbal sesak nafas bisa Anda temukan di sekitar Anda.


KONTAN.CO.ID - Apakah Anda sering mengalami sesak nafas? Jika iya, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa obat herbal sesak nafas.

Selain mudah didapat, harganya juga cukup terjangkau. Dengan menggunakannya secara teratur, intensitas sesak nafas bisa berkurang.

Setiap orang mengalami durasi sesak napas yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya dalam waktu singkat, tapi tak sedikit yang mengalami sesak napas dalam jangka waktu lama.

Biasanya, sesak napas dipicu oleh berbagai macam faktor. Mulai dari olahraga, terpapar sumber alergi, obesitas, infeksi virus atau bakteri, hingga kondisi kesehatan yang lain.

Perlu diingat bahwa beberapa bahan alami berikut ini hanya berlaku sebagai obat sementara. Supaya kesehatan Anda benar-benar terjaga, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Jahe

Bahan alami selanjutnya yang Anda manfaatkan sebagai obat herbal sesak nafas adalah jahe. Jenis rempah itu mengandung antiinflamasi yang mana berguna untuk mencegah peradangan pada paru-paru.

Untuk mendapat manfaat itu, cobalah untuk rutin minum air rebusan jahe.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Memakai Bahan Alami

Asam lemak omega-3

Mengutip dari Pharmeasy, makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3 bisa jadi salah satu cara mengatasi sesak napas. Misalnya, ikan salmon dan ikan tuna.

Kandungan dalam jenis makanan itu mampu mencegah inflamasi sehingga sesak napas dapat Anda hindari.

Bawang merah

Gunakan bawang merah sebagai obat herbal sesak nafas.

Pharmeasy mengatakan, bawang merah mengandung quercetin yang berguna untuk melawan berbagai macam alergen penyebab sesak napas. Selain itu, bawang merah juga dipenuhi dengan sulfur yang dapat melawan infeksi pada saluran pernapasan.

Minyak kayu putih

Ada dua cara yang bisa Anda coba jika ingin memakai minyak kayu putih untuk meredakan sesak nafas. Pertama, Anda bisa mengoleskannya di bagian dada. Kedua, tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air hangat kemudian hirup uapnya.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Batuk Kering Ini Pakai Bahan Alami, Lho

Kunyit

Jika Anda mencari cara mengobati sesak napas, tak ada salahnya untuk mencoba kunyit. Salah satu jenis rempah itu mengandung banyak antiinflamasi dan antibakteri yang efektif melawan infeksi.

Tak hanya itu, kunyit juga mengandung curcumin yang mampu melawan faktor penyebab alergi.

Kopi hitam

Siapa yang gemar minum kopi hitam? Ternyata kopi bisa digunakan sebagai obat herbal sesak nafas, lo. Kafein yang terdapat dalam kopi hitam mampu mengendurkan otot saluran pernapasan sehingga sesak napas dapat berkurang.

Selain memanfaatkan beberapa jenis bahan alami yang telah disebutkan, sesak napas dapat Anda atasi dengan mengatur posisi tubuh dan pernapasan. Jika Anda kesulitan untuk mendapat posisi yang tepat, tak ada salahnya untuk meminta saran dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru