kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Pilates Bagi Pemula yang Penting Diketahui


Senin, 13 Mei 2024 / 12:09 WIB
6 Manfaat Pilates Bagi Pemula yang Penting Diketahui


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat pilates bisa didapatkan jika dilakukan secara rutin termasuk bagi pemula. Pasalnya, manfaat pilates juga telah terbukti bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh.

Pilates, sebuah latihan yang menggabungkan gerakan kontrol, pernapasan, dan konsentrasi, telah menjadi populer di kalangan individu yang mencari cara menyehatkan tubuh dan meningkatkan kesejahteraan secara holistik. 

Lalu apa saja manfaat pilates?

Baca Juga: Manfaat Kulit Sawo Untuk Menurunkan Kolesterol, Simak 5 Khasiat Lainnya

Bagi pemula, Pilates menawarkan serangkaian manfaat yang luar biasa, mulai dari peningkatan kekuatan otot hingga perbaikan postur tubuh. 

Melansir dari Healthline, Pilates dapat membantu meningkatkan kekuatan inti, memperbaiki postur tubuh, mencegah cedera, dan masih banyak manfaat lainnya bisa didapatkan jika dilakukan secara rutin.

Berikut beberapa manfaat pilates yang menarik diketahui:

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Salah satu manfaat utama Pilates adalah kemampuannya untuk membangun kekuatan otot secara menyeluruh, terutama pada inti tubuh (core), punggung, dan otot-otot yang mendukung tulang belakang. Gerakan-gerakan dalam Pilates dirancang untuk menguatkan otot-otot kecil yang sering terabaikan, sehingga membantu menciptakan tubuh yang lebih seimbang dan stabil.

Baca Juga: Mampu Meningkatkan Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain Dari Sayuran Hijau

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Pilates tidak hanya tentang kekuatan, tetapi juga tentang fleksibilitas. Gerakan-gerakan yang mengalir dan terkoordinasi membantu merenggangkan otot-otot yang kaku dan mengurangi kekakuan sendi. Bagi pemula yang mungkin memiliki tingkat fleksibilitas yang rendah, Pilates menyediakan latihan yang dapat membantu meningkatkan rentang gerakan mereka secara bertahap.

3. Meningkatkan Postur Tubuh

Postur tubuh yang buruk adalah masalah umum di era modern ini, terutama bagi mereka yang bekerja di depan komputer sepanjang hari. Pilates membantu memperbaiki postur tubuh dengan menguatkan otot-otot inti dan meningkatkan kesadaran akan posisi tubuh yang benar. Seiring waktu, pemula akan merasakan perubahan signifikan dalam postur tubuh mereka, yang dapat mengurangi risiko cedera dan nyeri yang disebabkan oleh postur yang buruk.

Baca Juga: Obat Trigeliserida Tinggi Alami, Sudah Coba 6 Hal Berikut?

4. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Latihan Pilates menekankan pada keseimbangan, koordinasi, dan kendali gerakan. Gerakan-gerakan yang dilakukan dengan perlahan dan penuh kesadaran membantu membangun koneksi antara tubuh dan pikiran, yang pada gilirannya meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. Ini sangat bermanfaat bagi pemula yang mungkin belum memiliki keseimbangan tubuh yang baik atau koordinasi gerakan yang efisien.

5. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kesejahteraan Mental

Selain manfaat fisiknya, Pilates juga memberikan manfaat bagi kesejahteraan mental. Latihan yang fokus pada pernapasan dan konsentrasi membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan ketenangan pikiran. Bagi pemula yang mencoba mengelola stres atau kecemasan, Pilates dapat menjadi cara yang efektif untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati.

Baca Juga: Mampu Menurunkan Berat Badan, Ini 7 Manfaat Teh Jahe Lainnya Untuk Kesehatan

6. Meningkatkan Kesadaran Tubuh

Pilates mendorong kesadaran tubuh yang mendalam, membantu pemula untuk lebih memahami bagaimana tubuh mereka bergerak dan bekerja. Dengan meningkatkan kesadaran tubuh, individu dapat mengidentifikasi pola gerakan yang tidak efisien atau menyebabkan ketidaknyamanan, dan dengan demikian dapat mengoreksi dan mencegah cedera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×