kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Madu Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Beran Badan Loh


Senin, 14 Maret 2022 / 10:05 WIB
6 Manfaat Madu Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Beran Badan Loh
ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat madu.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Madu adalah cairan manis alami yang cukup populer dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan madu juga kerap dijadikan berbagi jenis pemanis atau penyedap rasa makanan karena memiliki rasa yang lezat. 

Madu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan sehingga kerap dijadikan sebagai salah satu bahan obat alami atau herbal. Kandungan tersebut di antaranya seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, flavonoid dan masih banyak lagi. 

Beberapa kandungan dalam madu tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, sehingga mengkonsumsi madu secara rutin baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Susah BAB Tanpa Harus Minum Obat

Melansir dari NDTV, ada beberapa manfaat madu bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya:

1. Menurunkan Berat Badan

Madu merupakan substansi makanan yang mampu menurunkan berat badan loh. Pasalnya, mengkonsumsi madu dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus mempercepat pembakaran lemak. 

2. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat madu lainnya adalah bisa membantu mencegah risiko penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan madu mengandung antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah, kolesterol sehingga risiko penyakit jantung bisa lebih kecil. 

3. Menyembuhkan Luka

Anda juga bisa memanfaatkan madu untuk menyembuhkan luka. Madu mengandung antiseptik yang mampu mempercepat proses penyembuhan dan menjauhkan luka dari infeksi. 

Baca Juga: 10 Makanan dengan Vitamin C Tinggi yang Cocok Dimakan Saat Pandemi

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi Anda yang susah atau pola tidur tidak benar, mengkonsumsi madu secara rutin bisa dijadikan alternatif. Pasalnya, kandungan dalam madu bisa meningkatkan metabolisme serta meningkatkan kualitas Anda saat tidur. 

5. Meningkatkan Imunitas 

Menjaga imunitas tubuh sangatlah penting di tengah pandemi Covid-19. Salah cara menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari virus adalah dengan mengkonsumsi madu. 

Madu mempunyai manfaat yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal berbagai radikal bebas karena kandungan antioksidan di dalamnya. 

6. Menambah Energi

Manfaat madu selanjutnya adalah dapat menambah energi. Pasalnya, madu mengandung gula alami yang bisa mendongkrak stamina sehingga tidak mudah lelah. Selain itu, kandungan gula alami dalam madu juga baik untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×