Kesehatan Umum

6 Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh

Selasa, 22 September 2020 | 08:31 WIB   Reporter: Belladina Biananda
6 Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh

ILUSTRASI. Manfaat lidah buaya tak hanya untuk kecantikan kulit, tapi untuk kesehatan tubuh lainnya.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak produk perawatan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar. Hal itu disebabkan karena banyaknya manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapat dari menggunakan lidah buaya.

Mengobati Masalah Pencernaan

Ada banyak masalah pencernaan yang bisa dialami oleh seseorang, salah satunya adalah Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD. GERD merupakan penyakit di mana katup antara kerongkongan dan lambung tak bisa berfungsi dengan baik.

Hasilnya, gas lambung bisa kembali ke kerongkongan sehingga menyebabkan heartburn. Mengutip dari Healthline, mengonsumsi satu hingga tiga ons gel lidah buaya bisa mengurangi keparahan GERD dan meredakan masalah pencernaan lainnya.

Obat Kumur

Tak hanya digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, lidah buaya juga bermanfaat sebagai obat kumur alternatif. Lidah buaya mengandung banyak vitamin C dan nutrisi lain yang bisa mengurangi pembentukan plak serta meredakan gusi berdarah dan bengkak.

Baca Juga: Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui

Menurunkan Jumlah Gula Darah

Bagi penderita diabetes tipe 2, mengonsumsi dua sendok makan lidah buaya setiap hari bisa menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh. Namun, Anda perlu berhati-hati jika mengonsumsi obat penurun glukosa karena bisa berbahaya.

Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi lidah buaya untuk mengobati penyakit diabetes.

Manfaat lidah buaya bisa untuk menurunkan jumlah gula darah.

Perawatan Kulit

Manfaat lidah buaya lainnya juga berguna untuk kondisi kulit Anda. Lidah buaya mengandung karbohidrat kompleks dan banyak air sehingga efektif digunakan untuk mengobati luka dan melembabkan kulit.

Melawan Kanker Payudara

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menunjukkan bahwa lidah buaya bermanfaat untuk melawan kanker payudara.

Hal itu disebabkan karena tumbuhan ini memiliki kandungan emodin yang dapat memperlambat proses pertumbuhan sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hasil tersebut.

Baca Juga: Sedang susah BAB? Lidah buaya bisa mengobati sembelit loh, begini cara meraciknya

Obat Pencahar Alami

Manfaat lidah buaya lainnya digunakan sebagai obat pencahar alami. Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena bisa berbahaya. Melansir dari Healthline, sebaiknya konsumsi 0.04 – 0.17 g lidah buaya untuk mengatasi sembelit.

Sebaiknya, Anda tak mengonsumsi lidah buaya jika memiliki radang usus besar atau hemoroid karena mengakibatkan diare dan kram perut lebih parah. Hal yang sama juga berlaku bila Anda mengonsumsi pengobatan lain. Selalu konsultasikan pada dokter jika Anda ingin mengonsumsi tumbuhan ini.

Selanjutnya: Lidah buaya bisa mengobati asam lambung, benarkah?

Editor: Belladina Biananda


Terbaru