kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan yang Tersembunyi, Ternyata Begini


Kamis, 09 November 2023 / 13:27 WIB
6 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan yang Tersembunyi, Ternyata Begini
ILUSTRASI. Manfaat kangkung untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kangkung - Ada sejumlah manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh yang tersembunyi dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi kangkung juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat kangkung tersebut.

Kangkung (Ipomoea aquatica) adalah salah satu jenis sayuran hijau yang sering digunakan dalam berbagai hidangan, terutama di Asia Tenggara.

Selain memiliki rasa yang segar dan renyah, kangkung juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang dapat memberikan kontribusi positif bagi tubuh Anda.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2023-2024 Pekan 12 Ada Laga Arsenal vs Burnley

Melansir dari Real Simple, berikut beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi

Kangkung mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, dan serat. Sayuran ini merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C, dan K. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, dan vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah yang sehat. Selain itu, kangkung juga mengandung sejumlah mineral, seperti kalium, magnesium, dan zat besi, yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan fungsi sel tubuh.

Baca Juga: Jadwal La Liga Spanyol 2023-2024 Pekan 13 Barcelona vs Alaves

2. Mengandung Antioksidan

Kangkung mengandung antioksidan seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, lutein dan zeaxanthin berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan dapat membantu mencegah masalah mata seperti degenerasi makula.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi kangkung secara rutin juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kangkung mengandung kalium yang dapat membantu mengatur tekanan darah, sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Selain itu, serat yang terdapat dalam kangkung dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Baca Juga: Prediksi Persija Jakarta vs Persikabo 1973 dan Jadwal BRI Liga 1 2023-2024

4. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Kangkung adalah sumber serat makanan yang baik. Serat membantu meningkatkan pencernaan dengan mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus. Konsumsi makanan yang kaya serat juga dapat membantu mengontrol berat badan, karena serat memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan makan berlebihan.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kangkung mengandung vitamin K, yang berperan penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang sehat. Vitamin K membantu dalam penyerapan kalsium dan mineral lain yang diperlukan untuk kekuatan dan kepadatan tulang. Ini dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis pada masa tua.

Baca Juga: 7 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsi Rumput Laut

6. Menyokong Diet Sehat

Kangkung adalah pilihan yang baik untuk mereka yang sedang berusaha menjalani diet sehat atau menurunkan berat badan. Sayuran ini rendah kalori dan kaya nutrisi, sehingga dapat menjadi bagian penting dari pola makan yang seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×