​6 Manfaat jeruk untuk ibu hamil: Membantu perkembangan otak bayi dan cegah sembelit

Selasa, 29 Desember 2020 | 16:39 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​6 Manfaat jeruk untuk ibu hamil: Membantu perkembangan otak bayi dan cegah sembelit

ILUSTRASI. Ilustrasi buah Jeruk. Foto: Dok Shutterstock

KONTAN.CO.ID - Saat seorang perempuan hamil, maka dia harus berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi lantaran dapat berpengaruh terhadap janin. 

Bagi perempuan yang baru pertama kali hamil, biasanya akan berpikir dua kali sebelum makan apapun. 

Saat hamil, seorang calon ibu mungkin bertanya-tanya apakah makanan tertentu boleh dimakan atau tidak dan apa kandungan serta manfaatnya. 

Namun, bagi ibu hamil, mayoritas buah dan sayuran segar merupakan menu wajib bagi wanita hamil. Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jeruk. 

Baca Juga: ​Kaya vitamin esensial, ini 10 manfaat pisang untuk ibu hamil

6 Manfaat buah jeruk untuk ibu hamil 

Jeruk kaya akan vitamin C, zat besi, seng, dan asam folat. Konsumsi jeruk selama trimester pertama kehamilan sangat dianjurkan karena membantu perkembangan otak janin. 

Selain itu, makan jeruk saat hamil dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan bermanfaat untuk kulit. Dirangkum dari laman Parenting Firstcry, berikut manfaat buah jeruk untuk ibu hamil: 

1. Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh

Jeruk kaya akan vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan bayi. Jeruk juga mengandung zat besi dan seng yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. 

Makan jeruk bisa membantu menurunkan risiko alergi saat hamil. Selain itu, kandungan dalam jeruk juga dapat mendukung perkembangan tulang rawan, jaringan, pembuluh darah, dan tulang pada bayi.

Baca Juga: ​7 Jenis buah yang baik ibu hamil konsumsi untuk perkembangan janin

2. Dapat membantu perkembangan otak bayi

Jeruk adalah sumber vitamin B6 dan asam folat yang baik. Makan jeruk saat hamil akan membantu perkembangan otak bayi dan mencegah cacat tabung saraf, yang diketahui menyebabkan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. 

Kandungan folat pada jeruk dapat membantu dalam pembentukan sel darah, pertumbuhan jaringan baru, dan perkembangan plasenta yang sehat. Namun, asupan folat yang berlebihan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan tinggi.

3. Dapat membantu mencegah sembelit

Jeruk kaya akan serat larut dan tidak larut serta selulosa yang dapat membantu mengatur pergerakan usus dan menyembuhkan sembelit, masalah umum dalam kehamilan. Kandungan serat di dalamnya juga bisa meredakan masalah perut dan kembung.

Baca Juga: 5 Manfaat semangka untuk ibu hamil, mengurangi risiko preeklamsia

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru