kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis


Rabu, 31 Mei 2023 / 05:34 WIB
6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis
ILUSTRASI. Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh bukanlah hal baru dan penting diketahui. Tidak hanya itu, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan juga telah terbukti oleh berbagai uji klinis.

Sehingga mengkonsumsi jeruk nipis sudah tidak perlu diragukan lagi karena bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Banyaknya manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh berasal dari kandungan nutrisi dari buah tersebut. Kandungan nutrisi dalam jeruk nipis di antaranya vitamin C, protein, kalsium, zat besi, serat dan lain lain.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Lalu apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh?

Melansir dari Guardian, simak beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian adalah baik untuk kulit. Hal tersebut dikarenakan jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang efektif membantu menjaga kesehatan kulit.

Tak jarang, jeruk nipis kerap dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai jenis produk kecantikan.

Baca Juga: Cek 8 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Ahli gizi merekomendasikan air jeruk nipis untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori.

Sehingga tak jarang jeruk nipis kerap dikonsumsi saat menjalankan program diet menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk nipis dikenal mempunyai banyak vitamin C dan antioksidan yang memberikan dukungan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sehingga mengkonsumsi air jeruk nipis secara rutin mempu mencegah dan meredakan pilek serta flu.

Baca Juga: Tengok 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Jeruk nipis mengandung kadar magnesium dan potasium yang tinggi. Unsur-unsur tersebut membantu mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Secara khusus, potasium dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Melindungi dari Anemia

Tak hanya itu, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan juga dapat melindungi dari anemia. Pasalnya, jeruk nipis tidak mengandung banyak zat besi, serta karena mengandung vitamin C tinggi yang dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang dapat diserap tubuh sehingga terhindar dari anemia.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

6. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang tak boleh terlewatkan yaitu mampu menurunkan risiko kanker. Manfaat jeruk nipis ini tentu sangat menakjubkan dan penting untuk diketahui.

Hal tersebut dikarenkan jeruk nipis mengandung flavonoid yang memiliki sifat antikanker yang cukup kuat. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat jeruk nipis tersebut. Demikian beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang penting diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×