kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Makanan untuk Mengencangkan Kulit Wajah yang Mudah Ditemui


Selasa, 24 Oktober 2023 / 15:48 WIB
6 Makanan untuk Mengencangkan Kulit Wajah yang Mudah Ditemui


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan untuk Mengencangkan Kulit Wajah - JAKARTA. Simak daftar makanan untuk mengencangkan kulit wajah. Manfaat vitamin dan mineral tentu sangat baik dalam kesehatan terutama kulit.

Upaya mengencangkan kulit dapat melibatkan berbagai aspek, termasuk perawatan kulit yang tepat, pola makan yang sehat, dan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Konsumsi makanan sehat menjadi salah satu upaya yang bisa menjadi kebiasaan menuju perubahan kulit yang lebih kencang.

Beberapa zat dan nutrisi yang dapat membantu dalam menjaga elastisitas dan kecantikan kulit.

Baca Juga: Kenali 6 Buah Kaya Antioksidan untuk Kesehatan Kulit hingga Pencegahan Kanker

Daftar nutrisi untuk kesehatan kulit

Ilustrasi Kulit Kencang

Simak beberapa nutrisi yang menyehatkan kulit yang mudah ditemui pada makanan.

  • Kolagen: Kolagen adalah protein struktural yang melibatkan pembentukan dan perbaikan jaringan kulit. Suplemen kolagen dan perawatan kulit yang mengandung kolagen dapat membantu dalam menjaga kekuatan dan elastisitas kulit.
  • Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan yang membantu dalam produksi kolagen dan perlindungan kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Vitamin E: Vitamin E juga merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan lingkungan.
  • Asam Lemak Omega-3: Asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam ikan berlemak, seperti salmon, dan minyak ikan, membantu menjaga kelembaban kulit dan meredakan peradangan.
  • Asam Hialuronat: Asam hialuronat adalah zat alami yang ada dalam kulit dan jaringan tubuh yang membantu menjaga kelembaban dan kehalusan kulit.
  • Keratin: Keratin adalah protein struktural yang membantu memperkuat rambut, kulit, dan kuku. Ini dapat ditemukan dalam banyak produk perawatan rambut dan kulit.
  • Beta-karoten: Beta-karoten adalah antioksidan yang ditemukan dalam makanan seperti wortel, ubi jalar, dan bayam. Ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan memberikan warna kulit yang sehat.
  • Zinc: Zinc membantu dalam penyembuhan kulit dan perbaikan jaringan. Ini juga memainkan peran penting dalam perbaikan kerusakan akibat sinar matahari.

Untuk itu, Anda perlu mengenal makanan berikut ini yang bisa dikonsumsi dalam rangka menjaga kesehatan kulit.

Simak daftar makanan yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah dilansir dari laman Mind Body Green.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Makanan untuk mengencangkan kulit wajah

1. Kaldu tulang

Kaldu tulang adalah makanan yang terkenal menyehatkan kulit karena kaya akan kandungan kolagen intrinsik. Selain kaya akan protein, kaldu tulang juga mengandung mineral, asam amino, dan asam hialuronat, menjadikannya makanan penambah kulit yang memiliki banyak manfaat.

Tidak semua orang siap meminum segelas penuh kaldu tulang setiap hari, jadi lihatlah cerita ini untuk mengetahui beberapa cara lezat untuk dikonsumsi setiap hari. 

2. Ikan salmon

Salmon adalah makanan yang bermanfaat untuk kulit yang cukup dikenal. Ikan ini tidak hanya mengandung protein berkualitas tinggi, tetapi juga kaya akan antioksidan kuat dan asam lemak omega-3 laut anti-inflamasi EPA dan DHA.

Asam lemak omega-3 telah terbukti meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi stres kulit akibat sinar UV, mengurangi penuaan akibat sinar matahari, dan memberikan perlindungan terhadap sinar matahari.

Setidaknya, salmon adalah makanan kulit utama. Terutama bagi mereka yang ingin mengurangi konsumsi daging merah setiap harinya, ikan berlemak ini merupakan alternatif sumber protein yang bagus. 

3. Kedelai

Kedelai adalah salah satu pilihan nabati yang mungkin lebih mudah untuk ditambahkan ke dalam makanan harian Anda. Dengan 31,3 gram protein hanya dalam 1 cangkir, kedelai adalah salah satu sumber protein terkaya dalam keluarga nabati. 

Antioksidan unik dalam kedelai juga telah terbukti melindungi kesehatan kulit pada wanita. Artinya kacang ini mendorong kesehatan kulit dari berbagai sudut.

4. Kacang almond

Almond mungkin merupakan camilan paling populer saat bepergian. Kacang ini mengandung protein nabati dan mengandung komponen lain yang ideal untuk membuat kulit kencang dan tampak awet muda yakni vitamin E.

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dan juga berperan dalam peremajaan membran sel. Vitamin E menurunkan kolagenase enzim yang memecah kolagen dan juga mengurangi kedalaman kerutan.

5. Alpukat

Meskipun alpukat mungkin tidak kaya akan protein seperti kaldu tulang atau salmon, alpukat tetap merupakan pilihan nabati yang penting.

Seperti salmon, alpukat menyediakan asam lemak omega-3 dalam dosis yang cukup dan hampir tiga gram protein hanya dalam satu cangkir irisan alpukat.

Saat Anda memiliki akses terhadap alpukat matang, buah-buahan ini dapat dimasukkan ke dalam banyak resep masakan sehat.

6. Sayuran berdaun gelap

Seperti yang kami katakan sebelumnya, kulit berkerut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah stres oksidatif. Radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit stres bisa berasal dari paparan sinar UV.

Oleh karena itu, penting untuk memakai tabir surya setiap hari dan mengonsumsi makanan yang membantu melawan penuaan. 

Jika Anda memiliki kekhawatiran khusus tentang kulit, konsultasikan dengan seorang ahli dermatologi yang dapat memberikan saran yang sesuai untuk kebutuhan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×