kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Buah Kaya Antioksidan untuk Kesehatan Kulit hingga Pencegahan Kanker


Selasa, 24 Oktober 2023 / 13:59 WIB
Kenali 6 Buah Kaya Antioksidan untuk Kesehatan Kulit hingga Pencegahan Kanker
ILUSTRASI. Kenali 6 Buah Kaya Antioksidan untuk Kesehatan Kulit hingga Pencegah Kanker


Penulis: Bimo Kresnomurti

Buah Kaya Antioksidan - JAKARTA. Simak daftar buah yang mengandung antioksidan beserta manfaatnya. Nutrisi makanan ini merupakan salah satu zat yang melindungi tubuh dari berbagai kerusakan sel.

Antioksidan adalah senyawa kimia yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas muncul terkait dengan molekul yang sangat reaktif sehingga dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk DNA, protein, dan lemak.

Nah, zat ini dapat dihasilkan sebagai produk sampingan dari proses metabolisme normal dalam tubuh atau dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti polusi udara, radiasi, dan paparan asap rokok.

Antioksidan bekerja dengan menghentikan reaksi berantai radikal bebas dan membantu menjaga keseimbangan dalam tubuh.

Baca Juga: Selain Tubuh Kekurangan Nutrisi, Ini Dampak Buruk Akibat Tidak Makan Sayur

Manfaat antioksidan pada makanan

Ceri salah satu buah kaya antioksidan

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa manfaat antioksidan untuk tubuh berikut ini.

  • Perlindungan Sel-sel Tubuh: Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan, penuaan sel, dan berbagai penyakit kronis.
  • Pencegahan Penyakit Jantung: Antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten dapat membantu melindungi pembuluh darah dan mencegah kerusakan arteri, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.
  • Penyakit Kanker: Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan tertentu dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Namun, efeknya mungkin bervariasi tergantung pada jenis dan dosis antioksidan yang dikonsumsi.
  • Pertahanan Tubuh: Antioksidan mendukung sistem kekebalan tubuh dengan membantu melindungi sel-sel kekebalan dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
  • Pencegahan Penyakit Neurologis: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu melindungi otak dan mencegah kerusakan yang dapat terkait dengan penyakit neurologis seperti Alzheimer dan Parkinson.
  • Kesehatan Kulit: Antioksidan seperti vitamin C dan E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan membantu menjaga kulit tetap sehat dan muda.

Baca Juga: Simak 8 Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Buah kaya Antioksidan

Anda bisa konsumsi makanan termasuk buah kaya antioksidan untuk menerima sederet manfaat di atas.

Periksa daftar buah yang mengandung antioksidan dan bisa dikonsumsi secara rutin dilansir dari Eating Well.

1. Blueberry

Blueberry menjadikan pita biru sebagai salah satu buah kaya antioksidan teratas dalam daftar. Buah beri ini mengandung hingga 9 milimol antioksidan dalam satu porsinya.

Zat ini terdapat kulit luarnya yang berwarna biru tua. Kandungan antioksidan menyebabkan rona biru tua yang khas adalah senyawa anti-inflamasi yang kuat yang disebut antosianin.

2. Goji Berry

Buah goji berry memiliki rasa manis namun tajam yang khas yang memiliki kemiripan dengan cranberry atau ceri. Buah beri ini dicirikan oleh bentuknya yang lonjong dan pigmen oranye-merah cerah semuanya berkat senyawa yang disebut karotenoid.

Zat karotenoid paling umum dalam goji berry adalah zeaxanthin, antioksidan kuat yang berperan penting dalam penglihatan yang baik.

3. Delima

Irislah kulit buah delima yang halus dan tebal, dan Anda akan menemukan ruangan luar biasa berisi biji-biji berair berwarna merah delima (alias arils) yang penuh dengan rasa dan antioksidan.

Penelitian ungkap melaporkan bahwa buah delima memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat yang dapat menurunkan beberapa biomarker inflamasi yang terkait dengan penyakit kronis.

Secara khusus, para peneliti menyimpulkan bahwa buah delima dapat melindungi terhadap obesitas, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan jenis kanker tertentu.

4. Raspberry

Dengan kulitnya yang merah beludru dan aroma bunga, raspberry kaya akan antioksidan pelindung yang menangkal penyakit.

Penelitian tahun 2022 yang diterbitkan di antioksidan utama yang ada dalam raspberry termasuk antosianin, ellagitannin, dan vitamin C.

Para peneliti mengungkapkan bahwa senyawa ini dapat memerangi stres oksidatif dan peradangan yang mendorong perkembangan penyakit seperti kanker.

5. Buah Ceri

Buah asam ini mengandung beragam senyawa bermanfaat yang telah terbukti meningkatkan kesehatan.

Faktanya, ulasan tahun 2018 yang diterbitkan di Nutrients menemukan bahwa konsentrasi antioksidan tinggi di dalamnya dikaitkan dengan berkurangnya peradangan dan stres oksidatif.

Namun yang menarik adalah bahwa buah ini juga telah terbukti meningkatkan kualitas tidur, tekanan darah, dan nyeri rematik. Senyawa ini bertanggung jawab atas penyebaran vitamin dan mineral termasuk polifenol, melatonin, karotenoid, serta vitamin E dan C.

6. Blackberry

Meskipun biasa disebut buah beri, blackberry adalah sekelompok buah berbiji berbiji tunggal yang diisi dengan senyawa tanaman pelindung.

Penelitian tahun 2023 yang diterbitkan oleh Foods, blackberry mengandung beberapa senyawa kaya antioksidan yang dapat menghambat pelepasan molekul pro-inflamasi yang terkait dengan kondisi peradangan.

Sehingga konsumsi Blackberry yang menjadi salah satu buah kaya antioksidan bisa membantu dalam mengurangi risiko kanker.

Penting untuk mendapatkan antioksidan melalui makanan alami yang seimbang daripada mengandalkan suplemen. Konsumsi makanan kaya antioksidan sebagai bagian dari pola makan sehat adalah cara terbaik untuk mendukung kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×