CLOSE [X]

6 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Vertigo, Apa Saja?

Kamis, 20 Januari 2022 | 10:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Vertigo, Apa Saja?

ILUSTRASI. Ada beberapa faktor yang termasuk dalam daftar penyebab vertigo.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda bisa mengalami vertigo karena berbagai macam faktor. Dengan mengetahui penyebab vertigo, Anda menjadi lebih mudah untuk melakukan pencegahan dan pengobatan. Dengan begitu, gejala vertigo tak Anda alami terlalu sering.

Sampai saat ini, belum bisa dipastikan apa saja yang termasuk dalam gejala vertigo. Namun, bukan berarti Anda menjadi ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan dan konsultasi.

Hasil dari pemeriksaan itu, dokter akan memberikan perawatan. Umumnya, perawatan vertigo disesuaikan dengan penyebabnya. Maka dari itu, mengetahui penyebab vertigo adalah hal penting yang perlu Anda lakukan.

Stroke

Stroke juga bisa jadi salah satu faktor penyebab vertigo, lo. Stroke adalah kondisi di mana aliran darah dalam otak terhenti atau terjadi penggumpalan darah dalam otak. Selain menyebabkan vertigo, stroke juga bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Bisa Jadi Obat Herbal Vertigo, Coba 5 Bahan Ini, Yuk

Labirinitis

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), labirinitis atau vestibular neuritis adalah gangguan pada telinga bagian dalam yang menyebabkan iritasi dan peradangan. Masalah itu terjadi akibat infeksi virus. Jika terus dibiarkan, kemampuan indra pendengaran bisa berkurang hingga benar-benar hilang.

Hamil

Tahukah Anda bahwa hamil dapat menyebabkan Anda mengalami vertigo? Saat hamil, ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh. Mulai dari keseimbangan hormon, jumlah gula darah, tekanan darah, dan lain sebagainya.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena vertigo bisa hilang saat Anda sudah melahirkan. Namun, jika vertigo terus Anda alami, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Bisa jadi vertigo muncul karena faktor kesehatan yang lain.

Diabetes

Diabetes bisa jadi salah satu penyebab vertigo.

Salah satu bentuk komplikasi diabetes adalah arteri yang mengeras. Kondisi itu dapat mengganggu aliran darah dalam otak. Akhirnya, vertigo pun Anda alami. Jika Anda memang menderita diabetes dan mengalami vertigo, cobalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: 5 Obat sakit kepala ini bisa beri hasil efektif, apa saja?

Kolesteatoma

Kolesteatoma adalah kondisi di mana muncul pertumbuhan kulit di telinga bagian dalam. Meski tidak bersifat kanker, kondisi itu bisa mengganggu kondisi telinga dan keseimbangan tubuh Anda. Hal itulah yang membuat Anda mengalami vertigo.

Penyakit Meniere

Everyday Health mengatakan bahwa penyakit meniere adalah salah satu penyebab umum terjadinya vertigo. Penyakit itu terjadi saat jumlah cairan dalam saluran pendengaran terlalu banyak. Selain menyebabkan vertigo, masih banyak gejala lain yang bisa Anda alami, misalnya rambut rontok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru