kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Diet Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Rabu, 16 Februari 2022 / 11:47 WIB
6 Diet Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jantung
ILUSTRASI. ilustrasi diet yang baik untuk kesehatan jantung. Kontan/Alri kemas


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Menentukan program diet terbaik bagi kesehatan khususnya kesehatan jantung penting untuk diperhatikan. Pasalnya, penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. 

Selain faktor gaya hidup seperti berolahraga secara teratur dan tidak merokok, diet adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi jantung Anda. Itu karena peradangan, tekanan darah, kolesterol, dan faktor risiko penyakit jantung lainnya dipengaruhi oleh apa yang Anda makan.

Secara khusus, diet tinggi serat, lemak sehat, dan antioksidan telah terbukti membantu mendukung kesehatan jantung, sedangkan asupan tinggi gula tambahan dan daging olahan malah meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Di Rumah Banyak Kecoa? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Melansir dari Healthline, terdapat beberapa jenis diet yang baik dan bisa menjaga kesehatan jantung. Berikut diet tersebut, di antaranya: 

1. Diet Mediterania

Rekomendasi diet yang baik untuk kesehatan jantung adalah diet mediterania. Diet Mediterania didasarkan pada pola makan tradisional orang yang tinggal di Yunani dan Italia Selatan selama tahun 1960-an.

Secara umum, diet ini menekankan pada makanan utuh yang diproses secara minimal, termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun.

Selain itu, diet mediterania juga membatasi atau menghilangkan gula tambahan, karbohidrat olahan, makanan ringan yang diproses, dan daging merah dan olahan.

Manfaat jantung dari diet ini dianggap sebagian besar karena penekanannya pada makanan nabati utuh yang diproses secara minimal.

2. Diet DASH

Selanjutnya adalah diet DASH. DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension dan dirancang untuk membantu mencegah dan mengobati hipertensi, atau tekanan darah tinggi. 

Seperti diet Mediterania, diet DASH tidak mewajibkan daftar makanan yang ketat.

Sebagai gantinya, ia merekomendasikan kelompok makanan dalam jumlah tertentu berdasarkan kebutuhan kalori Anda, dengan fokus pada biji-bijian, buah-buahan, sayuran, susu rendah lemak, dan daging tanpa lemak sambil membatasi daging merah.

Healthline mengatakan menurut penelitian menunjukkan bahwa diet DASH mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah, obesitas, lingkar pinggang, kadar kolesterol, dan resistensi insulin.

Baca Juga: Cara Mencuci Beras dengan Baik dan Benar, Ini Alasannya

3. Diet Vegan dan Vegetarian

Diet vegan dan vegetarian juga merupakan salah satu program diet yang baik bagi kesehatan jantung. Pola makan vegan adalah pola makan yang menghilangkan semua daging, termasuk unggas, daging merah, dan ikan.

Sementara beberapa vegetarian memasukkan sumber produk hewani lainnya, seperti telur dan susu, sedangkan vegan secara ketat menghindari semua bahan yang berasal dari hewan, termasuk susu, telur, bee pollen, madu, dan gelatin.

Sebaliknya, diet ini menekankan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, lentil, produk kedelai, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati dan lemak.

Proporsi makanan nabati yang tinggi ini memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi Anda jika menerapkan diet vegan dan vegetarian. 

Pasalnya, diet ini mengkonsumsi makanan tinggi serat, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi, yang semuanya membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain dapat menjaga kesehatan jantung, diet vegan dan vegetarian juga dapat menurunkan kolesterol, gula darah tinggi dan obesitas. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×