6 Cara Menghilangkan Gusi Bengkak, Gunakan Bahan Alami Ini

Selasa, 22 Februari 2022 | 11:24 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Cara Menghilangkan Gusi Bengkak, Gunakan Bahan Alami Ini

ILUSTRASI. Ilustrasi gusi bengkak.


KONTAN.CO.ID - Gusi bengkak adalah salah satu masalah di mulut yang bisa terjadi kapan saja dan lumayan cukup mengganggu. Terdapat beberapa cara menghilangkan atau meredakan gusi bengkak.

Salah satu cara menghilangkannya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mampu meredakan peradangan atau bengkak di gusi dengan cepat.

Biasanya jika gusi mengalami pembengkakan, mungkin Anda akan menemukan darah saat menggosok gigi, mulut terasa bau atau gigi goyang. Oleh karena itu, sebelum gejala lain timbul akibat gusi bengkak segera untuk mencari obat atau memeriksa ke dokter. 

Baca Juga: Simak! 5 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri yang Perlu Diwaspadai

Melansir dari Pain Assist, ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk bantu meredakan gusi bengkak. Bahan alami tersebut adalah: 

1. Lidah Buaya 

Cara menghilangkan gusi bengkak yang pertama adalah dengan menggunakan gel atau ekstrak lidah buaya ke bagian gusi yang bengkak. Setelah itu diamkan selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air hangat. 

2. Air Garam 

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui bahwa air garam mampu membantu meredakan gusi bengkak. Hal tersebut dikarenakan air garam mampu mencegah infeksi pada gusi yang membengkak. 

Tidak hanya itu, berkumur dengan air garam juga bisa membantu membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut. 

3. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil juga menjadi salah satu bahan alami yang mampu menghilangkan gusi bengkak. Pasalnya, tea tree oil mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang juga mampu meredakan rasa sakit akibat gusi yang membengkak. 

Baca Juga: 6 Manfaat Tomat yang Belum Banyak Diketahui, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

4. Daun Jambu Biji 

Cara menghilangkan gusi bengkak lainnya adalah dengan memanfaatkan daun jambu biji. Anda hanya perlu berkumur menggunakan air rebusan daun jambu biji yang dipercaya dapat meredakan pembengkakan gusi. 

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru