Simak! 5 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri yang Perlu Diwaspadai

Selasa, 22 Februari 2022 | 09:14 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Simak! 5 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri yang Perlu Diwaspadai

ILUSTRASI. Ilustrasi nyeri dada sebelah kiri.


KONTAN.CO.ID - Nyeri dada atau sakit dada sebelah kiri kerap kali muncul dan membuat panik karena tidak mengetahui penyebab sakit tersebut. Biasanya hal yang khawatirkan adalah adanya masalah pada jantung. 

Namun, perlu Anda ketahui nyeri dada sebelah kiri tidak melulu soal serangan jantung tetapi juga bisa disebabkan oleh penyebab lain. Seperti panik, gangguan pencernaan, paru-paru juga bisa menjadi faktor penyebab nyeri dada. 

Jika Anda merasakan nyeri dada sebelah kiri yang cukup parah dan menjalar ke bagian tubuh lain, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter atau tenaga kesehatan supaya rasa nyeri bisa cepat diatasi.

Baca Juga: 6 Manfaat Tomat yang Belum Banyak Diketahui, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Melansir dari Healthline, berikut penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui: 

1. Panik 

Perlu diketahui bahwa penyeb nyeri dada sebelah kiri bisa dipengaruhi oleh serangan panik yang berlebihan. Panik yang muncul secara tiba-tiba bisa membuat detak jantung cepat yang mungkin memicu nyeri dada. 

2. Miokarditis 

Penyebab nyeri dada sebelah kiri selanjutnya bisa jadi karena miokarditis. Tahukah Anda miorkarditis? Miokarditis merupakan kondisi otot jantung yang mengalami peradangan atau inflamasi. 

Jika kondisi tersebut masih ringan tidak perlu ada penanganan khusus. Namun, jika nyeri dada mulai menjalar dan menimbulkan gejala lain segeralah untuk pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi tersebut. 

3. Pneumonia

Pneumonia merupakan salah satu penyebab yang bisa menimbulkan nyeri dada sebelah kiri. Pasalnya, pneumonia merupakan kondisi paru-paru yang sedang mengalami peradangan. 

Infeksi tersebut disebabkan karena bakteri. Nyeri dada sebelah kiri akan lebih terasa saat Anda menghirup napas dalam-dalam. Jika mengalami gejala tersebut segeralah beristirahat atau pergi ke dokter.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak, Gunakan Bahan Alami Ini

4. GERD

GERD juga bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Sebelum itu, GERD adalah penyakit asam lambung tang disebabkan oleh melemahnya katup yang terletak di antara lambung dan kerongkongan bagian bawah. 

Akibatnya, kondisi tersebut dapat menimbulkan iritasi di saluran makanan dan menimbulkan rasa panas. Serta hal tersebutlah yang bisa jadi menjadi penyebab rasa nyeri dada sebelah kiri. 

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru