kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Cara Diet Mediterania, Efektif untuk Mencegah Diabetes


Selasa, 01 Maret 2022 / 12:09 WIB
6 Cara Diet Mediterania, Efektif untuk Mencegah Diabetes
ILUSTRASI. Cara diet mediterania, efektif untuk mencegah diabetes.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Diet mediterania adalah salah satu jenis pola makan sehat yang cukup banyak direkomendasikan banyak ahli nutrisi. Berikut ini cara diet mediterania.

Salah satu manfaat diet ini adalah mencegah diabetes atau menurunkan kadar gula darah tinggi. Diet mediterania melakukan hampir semua hal dan membantu menyeimbangkan gula darah dan mencegah komplikasi dari diabetes.

Selain itu, diet ini dapat membantu mencegah perkembangan penyakit jantung, melindungi dari stroke, dan jenis kanker tertentu. Tambah lagi, bisa menurunkan berat badan dan mempertahankannya lebih mudah. 

Tidak berhenti sampai di situ, berbeda dengan diet lainnya, diet mediterania tidak memaksa Anda untuk mengatur pola makan yang ketat. Artinya, Anda masih bisa makan enak jika menjalankan diet ini. 

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Tenggorokan, Coba 5 Obat Alami Ini

Melansir dari Eating Well, ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk menjalankan diet mediterania untuk menghindari diabetes atau menurunkan kadar gula darah: 

1. Perbanyak makan buah dan sayur

Diet mediterania mendorong konsumsi 6 sampai 10 porsi buah dan sayur setiap hari. Buah-buahan dan sayuran harus menjadi menu utama setiap makan. 

Selain itu, diet mediterania menganjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis sayur yang berbeda. Di antara yang paling populer adalah tomat, bayam, mentimun, brokoli, kembang kol, kangkung dan wortel. 

2. Perbanyak protein nabati

Diet mediterania juga menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mempunyai banyak protein nabati dibanding protein hewani. Ini tentu akan membantu menurunkan kadar gula darah sehingga terhindar dari diabetes.

Caranya, saat menjalani diet mediterania, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, tahu, tempe, dan makanan lain yang mengandung banyak protein nabati. 

Baca Juga: 5 Cara Meminimalisir Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Perlu Anda Ketahui




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×