kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Bahan yang Cocok Jadi Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


Selasa, 18 Januari 2022 / 11:51 WIB
6 Bahan yang Cocok Jadi Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bekas jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami banyak orang. Masalah semakin parah saat bekas jerawat sulit hilang. Jika Anda mengalami masalah itu, tak ada salahnya mencoba beberapa cara menghilangkan bekas jerawat di artikel ini.

Anda bisa membeli produk penghilang bekas jerawat di pasaran. Sayangnya, produk-produk tersebut terbuat dari bahan kimia. Jika digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama, dikhawatirkan justru mendatangkan banyak efek samping.

Pilihan lain yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Misalnya, lemon, lidah buaya, dan lain sebagainya. Nutrisi yang terkandung dalam bahan-bahan alami mampu mencerahkan dan menyehatkan kulit secara keseluruhan.

Madu

Antibakteri dan antiinflamasi yang terkandung dalam madu cocok digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Cukup aplikasikan madu pada area kulit yang memiliki bekas jerawat. Setelah beberapa menit atau hingga madu sedikit kering, bilas dengan air.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Cocok Jadi Moisturizer untuk Remaja

Baking Soda

Melansir Savoir Flair (savoirflair.com), baking soda bermanfaat untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Kandungan di dalamnya bisa dipakai sebagai eksfoliator. Artinya, tak hanya bekas jerawat yang hilang, tapi sel kulit mati pun terangkat.

Anda hanya perlu mencampur beberapa sendok teh baking soda dengan air sampai berbentuk pasta. Setelah teraduk rata, gosokkan pada kulit secara perlahan dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Selanjutnya, bilas dengan air. Anda bisa melakukan cara itu sebanyak dua hingga kali dalam seminggu.

Lidah Buaya

Vitamin dan nutrisi lain yang ada dalam lidah buaya bisa Anda gunakan untuk melembabkan, melembutkan, dan menyamarkan bekas jerawat. Sama seperti madu, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bekas jerawat secara langsung. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari, ya.

Minyak Zaitun

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bekas jerawat adalah minyak zaitun. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan antioksidan, vitamin B, dan antiinflamasi dalam minyak zaitun. Untuk hasil maksimal, cobalah untuk mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit sebelum tidur.

Kentang

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa memakai kentang.

Kandungan dalam kentang cukup efektif digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam yang lain. caranya, potong kentang menjadi irisan tipis kemudian gosokkan di bekas jerawat. Selanjutnya, diamkan dulu selama 10 menit kemudian bersihkan memakai air.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Tanpa Ribet

Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya bisa Anda lakukan dengan lemon. Jenis buah itu mengandung pencerah alami dan memiliki banyak vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Artinya, noda bekas jerawat bisa hilang dengan lebih cepat.

Aplikasikan air lemon secara langsung pada bekas jerawat. Diamkan dulu selama 15 menit lalu bilas dengan air. Untuk pemilik kulit sensitif, Savoir Flair merekomendasikan Anda untuk mencampur air lemon dengan air biasa terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×