4 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Tanpa Ribet

Sabtu, 08 Januari 2022 | 08:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Tanpa Ribet

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat dan bekasnya adalah jenis masalah kulit yang cukup sering dialami banyak orang. Jika Anda salah satu orang yang mengalami hal itu, ada beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang patut Anda coba.

Kemunculan jerawat terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak berlebih dan kotoran. Saat terkontaminasi dengan bakteri, penyumbatan itu bisa berkembang menjadi jerawat. Terkadang, Anda pun merasa sakit karena masalah kulit itu.

Banyaknya minyak alami yang diproduksi kulit Anda dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Mulai dari gen, stres, perubahan hormon, makanan yang Anda konsumsi, dan kebiasaan sehari-hari. Hal itu masih diperparah dengan adanya polusi dan sumber kotoran lainnya.

Seperti yang telah dikatakan, Anda bisa memakai bahan alami supaya masalah jerawat bisa teratasi dengan baik. Anda bisa memanfaatkan cuka apel, madu, kayu manis, tea tree oil, dan lain sebagainya. Untuk menghindari efek samping, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Pakai bahan alami, coba 4 cara menghilangkan flek hitam ini, yuk

Tea Tree Oil

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya juga bisa Anda lakukan dengan tea tree oil, lo. Bahan alami ini memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang mampu mengatasi masalah jerawat Anda. Caranya, campur tea tree oil dan air dengan perbandingan 1:9.

Aplikasikan campuran tersebut pada bagian kulit berjerawat menggunakan kapas. Anda bisa mengulanginya sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari. Tambahkan pelembab supaya kulit Anda tak kering.

Teh Hijau

Teh hijau bisa Anda jadikan cara menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Teh hijau jadi bahan alami lain yang cocok jadi penghilang jerawat beserta bekasnya. Anda perlu merebus teh hijau selama 3 menit terlebih dahulu. Diamkan beberapa saat sampai sedikit dingin kemudian aplikasikan ke kulit Anda menggunakan kapas.

Cuka Apel

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa cuka apel mengandung zat asam organik yang efektif membasmi bakteri penyebab jerawat. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika memakai cuka apel karena bisa menyebabkan iritasi. Anda disarankan untuk melakukan uji coba untuk melihat reaksi kulit.

Sebagai obat jerawat, Anda perlu mencampur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3. Aplikasikan campuran itu pada bagian kulit yang berjerawat lalu diamkan dulu selama lima hingga 20 detik. Setelah itu, bilas dengan air. Anda bisa mengulanginya sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Cari cara menghilangkan bekas jerawat? Coba 6 bahan ini

Madu dan Kayu Manis

Madu dengan kayu manis cocok jadi cara menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Sama seperti cuka apel, madu dan kayu manis juga mampu melawan bakteri dan inflamasi akibat jerawat. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya menggunakan bahan alami tersebut cukup mudah. Pertama, campur 2 sdm madu dan 1 sdt bubuk kayu manis.

Aduk kedua bahan tersebut hingga berbentuk pasta. Oleskan campuran yang sudah jadi pada wajah yang sudah dibersihkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih lalu keringkan wajah menggunakan handuk.

Selanjutnya: Formappi Sebut DPR Belum Sepenuhnya Berpihak pada Kepentingan Masyarakat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru