6 Bahan alami ini bisa Anda jadikan obat liver, lo

Rabu, 22 September 2021 | 10:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Bahan alami ini bisa Anda jadikan obat liver, lo

ILUSTRASI. Blueberry cocok dijadikan obat liver.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Liver adalah salah satu organ dalam tubuh yang memegang peranan penting. Jika terdapat masalah, obat liver perlu segera Anda konsumsi. Selain obat yang disarankan dokter, beberapa jenis bahan alami dalam artikel ini juga bisa Anda manfaatkan.

Saat fungsi liver terganggu, zat beracun yang masuk ke tubuh Anda sulit dikeluarkan. Tak hanya itu, keseimbangan vitamin dan mineral dalam tubuh juga menjadi lebih sulit dikontrol. Nah, makanan dan minuman di bawah ini bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan liver.

Namun, bukan berarti Anda mengabaikan pengobatan dokter, ya. Apabila gejala penyakit liver yang Anda alami semakin parah, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Bluberi

Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa bluberi bisa menjaga kesehatan liver. Menurut penelitian, mengonsumsi bluberi selama 21 hari bisa mencegah gangguan pada liver. Tak hanya itu, antioksidan dalam bluberi pun efektif menjaga kesehatan kekuatan sistem imun tubuh.

Baca Juga: 4 Gejala liver yang bisa Anda alami, jangan diabaikan

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami berikutnya yang dapat Anda gunakan sebagai obat liver. Selain menjaga fungsi ginjal, kandungan dalam minyak zaitun juga efektif mengurangi jumlah lemak dan mampu meningkatkan enzim liver yang baik untuk metabolisme tubuh.

Anggur

Buah anggur dapat Anda gunakan sebagai obat liver.

Penggemar anggu patut berbahagia karena jenis buah itu termasuk salah satu bahan alami yang baik untuk kesehatan liver. Selain mencegah kerusakan ginjal, kandungan dalam anggur juga bisa meredakan peradangan dan menambah jumlah antioksidan yang ada dalam tubuh.

Kopi

Kopi juga bisa Anda pakai sebagai obat liver, lo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rutin minum kopi dapat menurunkan risiko sirosis hati pada penderita penyakit liver kronik. Tidak berhenti sampai di situ, rutin mengonsumsi kopi juga bisa menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Minum kopi bisa menurunkan risiko penyakit hati, benarkah?

Lemak Ikan

Tahukah Anda bahwa kesehatan liver bisa terjaga dengan rutin mengonsumsi lemak ikan? Mengutip dari Healthline, lemak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang efektif meredakan inflamasi sehingga gangguan pada liver yang semakin parah dapat Anda hindari.

Teh

Minum teh perlu Anda jadikan kebiasaan supaya kesehatan liver terjaga. Apalagi jika jenis teh yang Anda konsumsi adalah teh hijau. Jenis teh itu kaya akan antioksidan yang mana baik untuk kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

Selanjutnya: Anda mencari cara mengobati anemia? Makan 5 bahan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru