Anda mencari cara mengobati anemia? Makan 5 bahan ini

Selasa, 21 September 2021 | 10:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda mencari cara mengobati anemia? Makan 5 bahan ini

ILUSTRASI. Makan bayam bisa jadi salah satu cara mengobati anemia.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Supaya kondisi kesehatan tak memburuk, tentu saja cara mengobati anemia perlu Anda lakukan. Tak perlu khawatir, Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Ada beberapa faktor yang memungkinkan Anda untuk mengalami anemia. Mulai dari tubuh kehilangan darah, tubuh tak mampu membentuk sel darah merah, atau sel darah merah yang ada dalam tubuh rusak.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih makanan yang tepat sebagai obat anemia adalah nutrisi-nutrisi yang terkandung. Usahakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan zat besi, vitamin B, dan vitamin C.

Makan Kacang dan Biji

Mengutip dari Healthline (healhtline.com), anemia bisa Anda atasi dengan rutin mengonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian. Alasannya karena jenis makanan itu mengandung banyak zat besi. Anda bisa mengombinasikan kacang atau biji yang Anda suka dalam yogurt, salad, atau menu sehat lainnya.

Baca Juga: Anda perlu tahu, ini 7 manfaat petai bagi kesehatan

Liver

Liver merupakan salah satu jeroan hewan yang berguna sebagai cara mengobati anemia. Selain mengandung banyak zat besi, liver juga dipenuhi dengan folat. Meski baik untuk penderita anemia, usahakan untuk tidak mengonsumsi liver dalam jumlah yang berlebihan, ya.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam atau kale, jadi bahan berikutnya yang direkomendasikan Healthline sebagai obat anemia. Supaya penyerapan zat besi dari sayuran hijau bisa maksimal, usahakan untuk mengimbanginya dengan konsumsi vitamin C.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung banyak vitamin C. Mulai dari jeruk, lemon, dan lain-lain. Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C, tapi pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dengan saran yang diberikan dokter, ya.

Baca Juga: Inilah 6 penyebab sesak nafas yang tidak Anda sadari

Seafood

Apakah Anda gemar mengonsumsi seafood? Ternyata, hal itu termasuk salah satu cara mengobati anemia, lo. Beberapa jenis seafood yang dapat Anda jadikan pilihan adalah kerang, kepiting, udang, ikan tuna, dan lain-lain.

Ikan dalam bentuk kaleng juga bisa Anda jadikan pilihan. Sayangnya, ikan kaleng mengandung banyak kalsium yang dapat mengganggu penyerapan zat besi. Jadi, sebaiknya Anda tak mengonsumsi ikan kaleng dalam jumlah yang berlebihan.

Daging

Cara mengobati anemia bisa dengan rutin mengonsumsi daging.

Berbagai jenis daging sebenarnya mengandung zat besi yang mampu mengatasi anemia. Namun, daging ayam atau daging unggas yang lain memiliki jumlah zat besi yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan daging merah.

Selanjutnya: Jangan Anda abaikan, berikut 7 ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal

Editor: Belladina Biananda
Terbaru