kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Tips menyetop ngidam makanan tak sehat demi turunkan berat badan


Sabtu, 20 November 2021 / 20:15 WIB
5 Tips menyetop ngidam makanan tak sehat demi turunkan berat badan
ILUSTRASI. Sebanyak 97% wanita dan 68% pria dilaporkan mengidam makanan-makanan tidak sehat.


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian besar orang pasti pernah mengidam makanan-makanan yang tidak sehat seperti makanan yang kaya akan lemak, gula, dan garam, atau kombinasi dari ketiganya. Itulah mengapa keripik, gorengan, makanan yang dipanggang, es krim, atau makanan cepat saji tampak sangat menarik.

Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa 97% wanita dan 68% pria dilaporkan mengidam makanan-makanan tidak sehat tersebut. Tetapi, sayangnya, kita tidak bisa mengabaikan masalah ngidam ini begitu saja karena dengan melakukan penghindaran makanan, hal itu justru dapat meningkatkan intensitas mengidam.

Jadi, kuncinya adalah tetap mengonsumsi makanan yang benar-benar dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mengidam. Strategi lainnya adalah memiliki pilihan yang lebih sehat dari apa yang kita idamkan, sehingga kita dapat merasa lebih puas tanpa harus menggagalkan diet.

Baca Juga: 4 Makanan ini bisa jadi obat kelenjar getah bening, lo

Nah, apabila kita merasa mendambakan makanan-makanan yang tidak sehat, kita bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Makan sup

Memulai makan sup memiliki efek yang sama seperti makan sepotong buah sebelum mengonsumsi makanan utama. Karena sup dapat mengisi tubuh kita dengan lebih sedikit kalori, berkat kandungan airnya yang tinggi.

Sebuah studi menunjukkan, mengonsumsi kaldu atau sup berbasis sayuran sebelum makan dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat kita makan. Banyak ahli penurunan berat badan menyarankan klien mereka untuk makan sup setiap hari untuk membantu mereka menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Carilah sup yang rendah kalori seperti sup sayuran, sup tomat, atau pilih yang memiliki jumlah serat tinggi seperti sup kacang. Satu studi menemukan, menikmati sup sebagai hidangan pertama membantu peserta studi makan sekitar 20% lebih sedikit kalori atau rata-rata 134 kalori lebih sedikit saat makan. Terlebih lagi, meskipun mereka makan lebih sedikit kalori, mereka tetap merasa lebih puas.

Baca Juga: Cek daftar makanan untuk penderita asam lambung ini, yuk

2. Mengonsumsi buah kaya serat

Buah membantu meningkatkan serat dalam makanan yang membantu kita tetap kenyang. Apalagi, pilihan buah yang kaya air akan membantu mengirim sinyal dari perut ke otak bahwa kita sudah kenyang.

Beberapa pilihan buah kaya serat yang dapat dicoba adalah semangkok raspberry yang dikemas dalam 8 gram serat, dan semangkok blueberry yang memiliki 6 gram serat.

Sementara itu, sebuah apel berukuran sedang memiliki hampir 4,5 gram serat, pir memiliki 5,5 gram serat, dan jeruk berukuran rata-rata memiliki sekitar 4 gram serat. Sebuah penelitian kecil di Brasil menemukan, peserta yang makan apel atau pir sebelum makan utama kehilangan banyak berat badan, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah sebelum makan.

Baca Juga: 5 Cara mencegah hipertensi atau darah tinggi yang efektif




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×