Tips Sehat

5 Rekomendasi obat sembelit dari bahan-bahan alami

Rabu, 03 Februari 2021 | 10:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Rekomendasi obat sembelit dari bahan-bahan alami

ILUSTRASI. Pisang termasuk dalam obat sembelit karena mengandung banyak serat.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sembelit merupakan salah satu masalah sistem pencernaan yang dialami oleh banyak orang. Meski tak berbahaya, masalah tersebut tetap bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi obat sembelit.

Sembelit atau sulit buang air besar disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari perubahan makanan yang dikonsumsi, baru saja menjalani operasi, atau perubahan gaya hidup. Setiap orang mengalami sembelit dalam waktu yang berbeda-beda.

Ada yang sembuh dalam waktu singkat, tapi tak sedikit pula yang membutuhkan waktu lebih lama. Agar masalah itu bisa segera sembuh dan kondisi kesehatan Anda semakin baik, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar Anda.

Air Putih

Seniority (seniority.in) mengatakan bahwa dehidrasi termasuk salah satu penyebab umum terjadinya sembelit. Tentu saja untuk menyembuhkannya Anda perlu menambah asupan cairan dalam tubuh Anda. Usahakan untuk minum lebih banyak air agar sisa makanan dalam tubuh lebih mudah dikeluarkan.

Baca Juga: Sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan 4 faktor ini

Susu dan Minyak Samin

Obat sembelit selanjutnya bisa Anda coba dengan mengkombinasikan susu dan minyak samin. Caranya pun mudah. Cukup campurkan 1-2 sdt minyak samin ke segelas susu hangat lalu minum campuran itu sebelum tidur. Lakukan secara rutin sampai sembelit Anda sembuh.

Air Lemon

Lemon bisa Anda manfaatkan sebagai obat sembelit.

Air lemon juga bermanfaat untuk mengatasi susah buang air besar, lo. Zat asam yang terkandung dalam lemon mampu menstimulasi sistem pencernaan sehingga sisa makanan dan zat racun lebih mudah keluar dari tubuh.

Anda hanya perlu mencamput air perasan lemon ke segelas air lalu meminumnya setiap pagi hari. Selain mencampur dengan air putih, Anda pun bisa mencampur air lemon dengan teh agar kesehatan sistem pencernaan Anda terjaga.

Baca Juga: Gejala usus buntu yang harus Anda ketahui

Jahe

Mengutip dari Seniority, jahe adalah salah satu jenis rempah yang mampu meningkatkan suhu dalam tubuh. Dengan begitu, sistem pencernaan akan terstimulasi sehingga sembelit pun bisa teratasi. Cobalah untuk mengonsumsi jahe bersama dengan air hangat agar efeknya semakin terasa.

Pisang

Obat sembelit lainnya yang patut Anda coba adalah pisang. Jenis buah ini mengandung banyak serat yang dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Tak hanya itu, kandungan dalam pisang pun berguna untuk kesehatan bakteri dalam organ pencernaan.

Selanjutnya: Perhatikan, inilah arti dari warna dan tekstur BAB bay

Editor: Belladina Biananda
Terbaru