Sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan 4 faktor ini

Senin, 01 Februari 2021 | 13:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan 4 faktor ini

ILUSTRASI. Sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/15/08/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang pernah mengalami sakit pinggang sebelah kanan. Hal itu disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari gangguan kesehatan yang menyerang tulang belakang, otot, sistem saraf, atau bagian tubuh lain yang sedang tidak sehat.

Biasanya, kondisi tersebut ditandai dengan munculnya rasa sakit ringan hingga berat. Setiap orang mengalami intensitas sakit yang berbeda-beda. Jika Anda mengalami rasa sakit tersebut, segera periksakan diri ke dokter.

Nantinya, dokter akan melakukan serangkaian tes untuk melihat kondisi Anda. Dengan begitu, proses perawatan pun bisa dilakukan. Selain melihat gejala yang muncul, mengetahui penyebabnya pun perlu dilakukan agar perawatan bisa efektif.

Keseleo

Mengutip dari New Jersey Spine Specialists (njspinespecialists.net), keseleo adalah salah satu penyebab utama munculnya rasa sakit di bagian pinggang. Keseleo terjadi saat Anda menggerakkan tubuh secara berlebihan sehingga ligamen robek.

Umumnya, keseleo terjadi saat Anda mengangkat benda yang terlalu berat dengan posisi yang salah, jatuh, atau melakukan peregangan yang salah sebelum olahraga. Selain menyebabkan rasa sakit, keseleo juga dapat membuat otot kaku dan gerakan tubuh Anda terbatas.

Baca Juga: Yuk, waspadai 4 penyebab sakit pinggang ini

Usus Buntu

Radang usus buntu bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan.

Selain keseleo, sakit pinggang sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh penyakit usus buntu. Usus buntu yang tersumbat dapat mengalami iritasi sehingga peradangan pun tak bisa dihindari. Biasanya, rasa sakit dimulai dari perut bagian kanan kemudian menjalar hingga ke pinggang.

Tidak hanya menimbulkan rasa sakit, ada beberapa gejala lain yang perlu Anda waspadai. Mulai dari perut kembung, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan diare. Jika mengalami gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter untuk menghindari kondisi yang lebih parah.

Baca Juga: Tak hanya infeksi saluran kemih, ini 5 penyebab nyeri saat buang air kecil

Sakit Ginjal

New Jersey Spine Specialists menyebutkan bahwa virus atau bakteri yang menyerang ginjal bisa menimbulkan sakit pinggang sebelah kanan. Beberapa gejala yang menunjukkan adanya sakit ginjal adalah mual, muntah, urin berbau tak sedap, demam, dan muncul sensasi terbakar saat buang air kecil.

Kolitis Ulseratif

Tidak hanya beberapa kondisi di atas, sakit pinggang juga dapat disebabkan oleh kolitis ulseratif. Kolitis ulseratif adalah kondisi di mana dinding usus besar mengalami peradangan kronis. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penderitanya diare dan feses yang keluar bercampur dengan darah atau nanah.

Selanjutnya: Kenali penyebab sakit pinggang, dari infeksi, kecelakaan dll

Editor: Belladina Biananda
Terbaru