Kesehatan Umum

5 Pilihan sayur dan buah yang mengandung vitamin A

Jumat, 08 Januari 2021 | 07:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Pilihan sayur dan buah yang mengandung vitamin A

ILUSTRASI. Wortel termasuk dalam daftar sayur dan buah yang mengandung vitamin A.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin A. Sayangnya, tubuh tak bisa memproduksi jenis vitamin itu sendiri sehingga Anda perlu mengonsumsi sayur atau buah yang mengandung vitamin A.

Vitamin A berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan penglihatan, mengoptimalkan kerja jantung, paru-paru, ginjal, dan lain sebagainya. Salah satu jenis sayuran yang kaya vitamin A adalah ubi jalar.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), Anda bisa mendapat 1.403 mcg vitamin A dari satu ubi jalar yang dipanggang bersama kulitnya. Selain mengandung vitamin A, ubi jalar juga mengandung nutrisi lain yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa nutrisi penting lain dalam ubi jalar adalah serat, vitamin C, vitamin B6, dan memiliki kalori yang sedikit. Selain ubi jalar, tentu saja masih banyak sumber makanan lain yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan vitamin A Anda.

Baca Juga: Rekomendasi 4 makanan yang mengandung kolagen

Wortel

Setengah gelas wortel mengandung 459 mcg vitamin A atau dapat memenuhi 51% kebutuhan vitamin A harian Anda. Wortel mengandung banyak serat yang bisa Anda gunakan untuk mencegah sembelit. Jenis sayur ini juga cocok dijadikan camilan sehat duet karena hanya mengandung 29 kalori.

Mangga

Mangga termasuk dalam buah yang mengandung vitamin A. Dalam sebuah mangga, Anda bisa mendapat 112 mcg vitamin A. Selain itu, kandungan antioksidan dan serat mangga mampu mencegah sembelit dan membantu Anda mengontrol gula darah.

Bayam

Medical News Today memasukkan bayam sebagai salah satu pilihan sumber vitamin A. Anda bisa mendapat 573 mcg vitamin A dalam setengah gelas bayam yang sudah dimasak. Tak hanya itu, bayam juga mampu memenuhi kebutuhan zat besi dan magnesium tubuh Anda.

Baca Juga: Ingin menurunkan berat badan? Yuk, coba makanan berserat ini

Blewah

Blewah termasuk dalam salah satu buah yang mengandung vitamin A.

Selain mangga, blewah juga termasuk dalam buah yang mengandung vitamin A. 15% kebutuhan vitamin A harian Anda bisa terpenuhi dengan mengonsumsi setengah gelas blewah. Jenis buah ini juga memiliki banyak antioksidan dan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Aprikot Kering

Pilihan sumber vitamin A selanjutnya yang bisa Anda coba adalah aprikot kering. 10 aprikot kering mengandung 63 mcg vitamin A. Meski demikian, jangan makan aprikot kering terlalu banyak karena jenis buah ini mengandung banyak gula dan kalori.

Selanjutnya: 6 Jus buah dan sayur yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru