5 Penyebab cegukan yang bisa Anda alami, apa saja?

Senin, 30 Agustus 2021 | 08:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Penyebab cegukan yang bisa Anda alami, apa saja?

ILUSTRASI. Makanan dengan tekstur kering, seperti roti, bisa jadi penyebab cegukan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cegukan merupakan hal yang biasa dialami oleh siapa saja. Meski bisa hilang dengan sendirinya dan cenderung tidak berbahaya, cegukan bisa jadi tanda masalah kesehatan yang serius. Maka dari itu, mengetahui penyebab cegukan penting untuk dilakukan.

Thisisaaronslife (thisisaaronslife.com) mengatakan bahwa cegukan terjadi karena kontraksi diafragma yang tak terkontrol. Akibatnya, katup di belakang lidah tiba-tiba menutup untuk mencegah makanan atau minuman masuk ke saluran yang salah. Hal itulah yang membuat cegukan berbunyi.

Nah, beberapa faktor di bawah ini dapat memicu masalah tersebut. Meski beberapa hal termasuk dalam penyebab yang sepele, faktor yang lain sebaiknya tidak Anda abaikan. Jika cegukan tak kunjung hilang, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter, ya.

Konsumsi Jenis Makanan Tertentu

Makanan pedas atau makanan dengan tekstur yang kering dapat meningkatkan risiko cegukan. Biasanya, mengonsumsi makanan kering, seperti roti, membuat Anda kesulitan untuk menelan makanan. Bahkan, tenggorokan juga bisa iritasi karena hal itu.

Baca Juga: Cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan obat alami

Kanker

Mengutip dari Thisisaaronslife, pertumbuhan sel kanker dipercaya jadi salah satu faktor yang menyebabkan cegukan terus terjadi. Hal yang sama masih bisa terjadi saat Anda menjalani pengobatan kemoterapi atau jenis perawatan lain untuk menyembuhkan kanker.

Makan Terlalu Cepat

Penyebab cegukan berikutnya yang biasa dialami oleh banyak orang adalah makan terlalu cepat. Apalagi jika Anda mengonsumsi makanan dalam porsi yang cukup besar. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengatur tempo makan dan porsi makanan yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Hati-hati! 4 gejala stroke ringan ini perlu Anda waspadai

Masalah Pada Sistem Pencernaan

Masalah pada sistem pencernaan termasuk dalam penyebab cegukan.

Masalah pada sistem pencernaan juga bisa jadi penyebab cegukan, lo. GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah salah satu jenis penyakit yang meningkatkan risiko cegukan. Selain cegukan, GERD juga ditandai dengan kondisi yang lain. Mulai dari heartburn, nyeri dada, dan lain sebagainya.

Gangguan Pada Pembuluh Darah

Faktor lain yang memicu terjadinya cegukan adalah gangguan pada pembuluh darah di otak, misalnya stroke. Jika cegukan tak kunjung hilang dan dibarengi dengan gejala stroke yang lain, cobalah untuk segera berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan cegukan menggunakan bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru