kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati! 4 gejala stroke ringan ini perlu Anda waspadai


Sabtu, 29 Mei 2021 / 10:10 WIB
Hati-hati! 4 gejala stroke ringan ini perlu Anda waspadai


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Berbagai macam gejala stroke ringan perlu Anda waspadai. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dengan cepat sehingga tubuh bisa tetap sehat.

Mengutip dari Physical Medicine and Rehabilitation, stroke ringan biasanya hanya terjadi dalam waktu singkat. Anda juga tidak perlu terlalu lama dirawat di rumah sakit.

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kondisi Anda sendiri. Penderita stroke ringan mengalami beberapa kendala saat melakukan aktivitas yang kompleks. Misalnya, mengingat jadwal aktivitas yang perlu dilakukan.

Nah, supaya kondisi itu tak semakin parah, segera hubungi tenaga kesehatan jika mengalami gejala-gejala berikut:

Gangguan emosional

Tahukah Anda bahwa gangguan emosional jadi salah satu gejala stroke ringan? Gangguan emosional yang dimaksud adalah merasa sedih atau putus asa, marah atau frustasi, dan mengalami gangguan kecemasan.

Depresi juga bisa dialami oleh penderita stroke ringan. Beberapa tanda depresi yang bisa Anda alami adalah nafsu makan berubah, Anda menjadi tak tertarik lagi dengan hobi yang Anda sukai, mengalami gangguan tidur, hingga terus-menerus merasa lelah.

Baca Juga: 4 Obat herbal tekanan darah tinggi dari bahan alami

Otot lemah

Physical Medicine and Rehabilitation menyebutkan, stroke ringan bisa mengakibatkan otot lemah. Otot wajah turun sehingga menyebabkan wajah Anda terlihat tidak mirin.

Selain itu, salah satu atau kedua sisi lengan dan kaki mengalami kesemutan.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga bisa mengalami kesulitan saat berbicara atau menelan sesuatu. Saat stroke semakin parah, keseimbangan tubuh Anda dapat terganggu sehingga Anda sering mengalami pusing.

Memori terganggu

Gejala stroke ringan lainnya yang tidak boleh Anda abaikan adalah gangguan pada memori. Anda mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi, mudah melupakan informasi yang seharusnya Anda ingat, dan sering kebingungan terhadap lokasi di mana Anda berada.

Selain itu, Anda mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang biasanya mudah untuk dilakukan. Jika Anda mengalami tanda stroke tersebut, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Coba 4 cara menurunkan tekanan darah tinggi ini, yuk

Kelelahan

Kelelahan termasuk salah satu gejala stroke ringan.

Merasa lelah memang merupakan hal yang biasa dialami oleh manusia. Namun, stroke ringan mengakibatkan kelelahan tak mudah hilang.

Meski Anda sudah beristirahat dan tidak melakukan banyak aktivitas, Anda masih sering mengalami kelelahan yang cukup parah.

Selanjutnya: 4 Faktor yang bisa jadi penyebab cegukan, waspada!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×