Kesehatan Umum

5 Penyebab berat badan turun tanpa alasan ini patut Anda waspadai

Kamis, 03 Desember 2020 | 10:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Penyebab berat badan turun tanpa alasan ini patut Anda waspadai

ILUSTRASI. Depresi jadi salah satu penyebab berat badan turun yang bisa Anda alami.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penurunan berat badan merupakan hal yang umum dialami oleh banyak orang. Namun, Anda perlu waspada jika berat badan Anda berkurang banyak, apalagi dalam waktu singkat. Berikut ini penyebab berat badan turun yang sebaiknya Anda waspadai.

Hipertiroid

Kondisi kesehatan pertama yang mampu menyebabkan berat badan berkurang adalah kelenjar tiroid Anda terlalu aktif atau disebut dengan istilah hipertiroid. Kelenjar tiroid yang ada di sekitar leher Anda berguna untuk mengatur metabolisme tubuh.

Saat bekerja terlalu aktif, kelenjar tiroid akan memproduksi hormon berlebih sehingga terjadi perubahan dalam tubuh Anda. Selain menyebabkan berat badan berkurang, hipertiroid juga ditandai dengan gejala lain, misalnya gangguan tidur.

Kurang Makan

Kurang makan jadi penyebab berat badan turun selanjutnya yang perlu Anda perhatikan. Mengutip dari Prevention (prevention.com), bagian otak yang mengatur rasa lapar dan kenyang melemah seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: 6 Camilan untuk diet agar berat badan cepat turun

Artinya, orang dewasa rentan kurang makan sehingga berat badan turun dan tubuh menjadi kekurangan nutrisi. Jika terus dibiarkan, kondisi tersebut menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit. Maka dari itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Depresi

Salah satu efek depresi adalah membuat penderitanya kehilangan nafsu makan. Bahkan, penderita depresi tidak sadar jika berat badannya sudah banyak berkurang. Selain itu, depresi juga membuat penderitanya mengalami gangguan tidur, sulit menentukan pilihan, dan mood yang sering berubah.

Pankreatitis

Pankreatitis adalah penyebab berat badan turun lainnya yang bisa Anda alami. Kondisi tersebut terjadi saat pankreas mengalami peradangan sehingga produksi enzim pencernaan terganggu. Hal itu menyebabkan proses pencernaan makanan terganggu.

Hasilnya, berat badan Anda bisa terus berkurang seiring berjalannya waktu. Tanda pankreatitis yang perlu Anda waspadai adalah sakit perut, feses yang keluar berwarna dan berminyak, serta mual, apalagi setelah Anda mengonsumsi makanan berlemak.

Baca Juga: Tips menurunkan berat badan secara sederhana

Diabetes

Diabetes jadi salah satu penyebab berat badan turun yang bisa dialami oleh banyak orang.

Prevention mengatakan bahwa berat badan yang turun bisa jadi gejala awal diabetes. Penyakit tersebut juga membuat Anda lebih mudah haus dan sering buang air kecil karena glukosa tak bisa diserap dalam tubuh secara normal.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Tujuannya agar tubuh Anda bisa segera mendapat perawatan yang tepat sehingga kesehatan Anda tetap terjaga.

Selanjutnya: 5 Buah untuk diet, bisa bakar lemak lebih cepat

Editor: Belladina Biananda


Terbaru