5 Opsi obat herbal asam lambung yang perlu Anda coba

Kamis, 05 Agustus 2021 | 07:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Opsi obat herbal asam lambung yang perlu Anda coba

ILUSTRASI. Cuka apel bisa digunakan sebagai obat herbal asam lambung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung merupakan salah satu sumber masalah yang sering dialami banyak orang. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat herbal asam lambung.

Jika asam lambung dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami berbagai macam masalah kesehatan. Mulai dari perut kembung, nyeri dada akibat heartburn atau sensasi terbakar, dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu, dinding lambung Anda juga bisa terluka.

Cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan ini secara teratur. Selain itu, jangan lupa pula untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Apalagi jika Anda mengalami masalah kesehatan lain yang lebih parah.

Cuka Apel

Tahukah Anda bahwa cuka apel dapat digunakan sebagai cara menurunkan asam lambung? Mengutip dari Health Shots (healthshots.com), mengonsumsi cuka apel tiap sebelum makan dapat mencegah asam lambung naik.

Kandungan dalam cuka apel mampu menetralkan asam lambung sehingga pH dalam lambung menjadi lebih stabil. Anda hanya perlu menacmpur 1-2 sdm cuka apel dalam segelas air lalu minum air tersebut satu kali per hari.

Baca Juga: Tanpa obat, ini cara mengobati asma dengan madu

Susu Dingin

Susu dingin termasuk salah satu obat herbal asam lambung yang bisa Anda coba. Namun, pastikan Anda tidak alergi terhadap laktosa, ya. Tidak hanya mengurangi asam lambung, minum susu dingin juga bisa meredakan heartburn.

Air Kelapa

Saat cuaca sedang panas, minum air kelapa jadi salah satu hal yang menyegarkan. Selain itu, mengonsumsi minuman itu juga bisa mengatasi masalah lambung yang Anda alami.

Kalium dan nutrisi lain yang terdapat dalam air kelapa mampu menyeimbangkan pH lambung. Namun, pastikan untuk meminumnya tanpa pemanis tambahan, ya.

Baca Juga: Anda bisa coba, ini 4 rekomendasi obat herbal asam urat

Daun Kemangi

Kemangi termasuk dalam daftar obat herbal asam lambung.

Health Shots mengatakan bahwa mengonsumsi daun kemangi bisa jadi salah satu cara menetralkan asam lambung. Anda bisa mengonsumsi daun kemangi secara lagsung. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan merendam bahan alami itu dalam air lalu mengonsumsi airnya secara rutin.

Jahe

Jahe termasuk obat herbal asam lambung yang tak boleh Anda lewatkan. Kandungan dalam jahe mampu menurunkan asam lambung yang naik ke saluran pencernaan atas. Tak hanya itu, jahe juga memiliki antiinflamasi yang bisa mengobati masalah pencernaan yang lain.

Selanjutnya: Yuk cari tahu penyebab asam lambung sering naik saat malam hari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru