CLOSE [X]

5 Obat Sakit Jantung Ini Bisa Anda Dapat dari Bahan Alami

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat Sakit Jantung Ini Bisa Anda Dapat dari Bahan Alami

ILUSTRASI. Obat sakit jantung bisa berasal dari bahan-bahan alami.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda memerlukan obat sakit jantung supaya kondisi organ itu tidak semakin buruk. Selain dari resep dokter atau apotek, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami, lho. Dengan konsumsi rutin, kesehatan jantung Anda bisa terjaga.

Namun, bukan berarti Anda hanya mengandalkan bahan-bahan alami dalam artikel ini, ya. Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter. Tujuannya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena kesehatan jantung yang tak terkontrol.

Apalagi jika Anda mengalami sesak napas, denyut nadi berubah, dan frekuensi rasa sakit yang meningkat. Sebelum mengonsumsi bahan-bahan alami dalam artikel ini, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya supaya menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Jus Delima

Selain menggunakan obat sakit jantung tersebut, Healthline (healthline.com) merekomendasikan jus delima untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Antioksidan dalam buah delima mampu mengontrol jumlah kolesterol dan arteri dalam tubuh Anda.

Baca Juga: Selain Nyeri Sendi, Ini Gejala Asam Urat Tinggi

Cuka Apel

Healthline mengatakan bahwa mengonsumsi 1 sdm cuka apel dengan segelas air dapat menurunkan asam lambung sehingga heartburn pun berkurang. Artinya, risiko jantung yang terasa sakit pun bisa berkurang.

Bawang Putih

Anda bisa pakai bawang putih sebagai obat sakit jantung.

Bawang putih juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jantung, lo. Menurut sebuah penelitian, ekstrak bawang putih mampu mencegah pembentukan plak pada arteri sehingga sakit jantung pun bisa Anda hindari.

Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung atau meminumnya dalam bentuk suplemen. Namun, Anda perlu berhati-hati terhadap bau mulut yang tak sedap akibat bawang putih. Segera sikat gigi atau pakai obat kumur untuk menghilangkan bau tak sedap itu.

Baca Juga: Menurunkan Risiko Penyakit Jantung, Ini Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang efektif mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dapat Anda kurangi. Selain itu, alpukat juga dipenuhi dengan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh, misalnya kalium.

Jahe

Untuk menjaga kesehatan jantung, cobalah untuk mengonsumsi jahe secara rutin. Jenis rempah itu mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang tidak hanya mampu menjaga kesehatan jantung, tapi juga bisa mengurangi kolesterol dan mencegah penggumpalan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru