kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 obat darah rendah yang bisa Anda lakukan di rumah


Sabtu, 22 Agustus 2020 / 07:05 WIB
5 obat darah rendah yang bisa Anda lakukan di rumah


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski tidak menyebabkan banyak masalah, penyakit darah rendah atau hypotension bisa membuat pusing dan pingsan. Di beberapa kasus, penyakit darah rendah parah dapat mengancam keselamatan jiwa. Obat darah rendah diperlukan untuk menghindari kondisi yang lebih parah.

Darah rendah disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari dehidrasi hingga penyakit medis. Obat darah rendah bisa bekerja maksimal jika penyebabnya diketahui. Jika penyebabnya belum diketahui dengan jelas, Mayo Clinic (mayoclinic.org) menyebutkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: 4 minuman penurun berat badan terbaik

Pakai Garam

Berkebalikan dengan pemilik darah tinggi yang menghindari garam, obat darah rendah justru didapat dengan mengonsumsi banyak garam. Namun, Anda tetap harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk mencegah efek sampingnya.

Hindari Alkohol dan Minum Lebih Banyak Air

Obat darah rendah lainnya yang cukup mudah dilakukan adalah dengan mengonsumsi banyak air dan menghindari konsumsi alkohol. Air bisa mencegah tubuh dehidrasi dan meningkatkan jumlah darah. Sementara itu, alkohol justru menurunkan jumlah darah dan membuat tubuh dehidrasi.

Perhatikan Posisi Tubuh

Posisi tubuh tertentu membuat aliran darah menjadi terganggu. Sebaiknya, Anda jangan mengubah posisi tubuh secara mendadak. Misalnya, jangan mendadak berdiri setelah duduk. Anda perlu berdiri secara perlahan agar tubuh tidak pusing.

Baca Juga: Kaya akan vitamin C, inilah manfaat jeruk nipis yang bisa didapat

Konsumsi Makanan Rendah Karbo Sedikit Demi Sedikit

Tidak langsung mengonsumsi makan besar bisa jadi obat darah rendah. Anda bisa membagi porsi makan Anda setiap hari menjadi beberapa porsi kecil. Batasi pula makanan yang kaya akan karbo,  seperti kentang, nasi, pasta, dan roti.

Rajin Olahraga

Obat darah rendah juga bisa Anda dapat dengan rajin olahraga. Mayo Clinic merekomendasikan agar Anda olahraga selama 30 sampai 60 menit sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Olahraga baik dilakukan karena dapat meningkatkan detak jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×