5 Obat batuk alami yang terbukti ampuh

Jumat, 21 Mei 2021 | 16:19 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Obat batuk alami yang terbukti ampuh

ILUSTRASI. Ilustrasi obat batuk alami.

KONTAN.CO.ID - Batuk, baik batuk kering maupun disertai dengan dahak, sangat mengganggu. Batuk sendiri merupakan penyakit yang bisa jadi paling banyak diderita hampir semua orang.

Saat ini sudah banyak sekali obat batuk yang tersedia di pasaran. Berbagai merek obat batuk yang bisa diperoleh dengan mudah di apotek.

Namun sebenarnya, banyak sekali obat batuk alami yang bisa diperoleh dengan mudah di sekitar kita. Nah, berikut ini 5 obat alami yang bisa menyembuhkan batuk seperti dilansir dari Medical News Today.

1. Madu

Menurut beberapa penelitian, madu dapat meredakan batuk. Sebuah studi tentang pengobatan untuk batuk yang sering terjadi pada malam hari pada anak-anak, membandingkan efektivitas obat batuk dengan madu.

Para peneliti melaporkan bahwa madu memberikan efek meredakan lebih tinggi dibandingkan obat batuk yang mengandung dekstrometorfan.

Untuk mengobati batuk, gunakan campuran dua sendok teh madu dengan air hangat atau bisa dicampur dengan teh. Minum ramuan ini sekali atau dua kali sehari. Namun, jangan berikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun.

Baca Juga: Mudah ditemukan, ini 5 rekomendasi obat jerawat alami

2. Jahe

Jahe dapat meredakan batuk kering dan asma, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Rempah ini juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Satu sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran paru, yang dapat mengurangi batuk.

Seduh air hangat dengan menambahkan 20–40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih meredakan batuk.

3. Kumur air garam

Obat sederhana ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk berdahak. Air garam mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang rongga mulut yang dapat mengurangi keinginan untuk batuk.

Aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai larut. Biarkan larutan menjadi agak dingin sebelum digunakan untuk berkumur.

Biarkan campuran tersebut berada di belakang rongga mulut selama beberapa saat sebelum dimuntahkan. Berkumurlah dengan air garam beberapa kali setiap hari sampai batuknya membaik.

Hindari memberikan air garam kepada anak kecil karena mereka mungkin tidak dapat berkumur dengan benar, dan menelan air garam bisa saja berakibat berbahaya.

Baca Juga: Jangan dibuang dulu, kulit pisang bisa untuk hilangkan jerawat

4. Nanas

Bromelain adalah enzim yang berasal dari nanas. Enzim ini paling banyak berada di bagian inti buah.

Bromelain memiliki sifat anti-inflamasi dan mungkin juga memiliki sifat mukolitik, yang berarti dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

Beberapa orang minum jus nanas setiap hari untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menekan batuk.

5. Probiotik

Probiotik tidak secara langsung meredakan batuk, tetapi dapat meningkatkan sistem kekebalan dengan menyeimbangkan bakteri baik di usus.

Sistem kekebalan yang baik dapat membantu melawan infeksi atau alergen yang mungkin menyebabkan batuk.

Menurut beberapa penelitian, salah satu jenis probiotik, bakteri yang disebut Lactobacillus, memberikan manfaat luar biasa dalam mencegah flu biasa.

Suplemen yang mengandung Lactobacillus dan probiotik lainnya juga banyak tersedia di toko kesehatan dan toko obat. Beberapa makanan juga kaya akan probiotik secara alami, termasuk yogurt, sup miso, hingga kimchi.

Selanjutnya: 7 Cara mengatur pola tidur setelah puasa

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru