Kecantikan & Kebugaran

Mudah ditemukan, ini 5 rekomendasi obat jerawat alami

Jumat, 21 Mei 2021 | 14:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah ditemukan, ini 5 rekomendasi obat jerawat alami

ILUSTRASI. Madu adalah salah satu obat jerawat alami yang bisa Anda jadikan pilihan.

KONTAN.CO.ID - Hampir setiap orang pernah memiliki jerawat. Alih-alih mengatasinya dengan produk yang dijual di pasaran, cobalah untuk memakai obat jerawat alami.

Namun, tentu saja Anda tetap perlu melakukan uji coba dulu agar tak terjadi iritasi yang parah.

Jerawat muncul akibat pori-pori kulit yang tersumbat. Entah karena penumpukan sel kulit mati atau jenis kotoran yang lain.

Penyumbatan itu semakin parah saat bakteri ikut menginfeksi. Hasilnya, kulit di sekitar munculnya jerawat mengalami peradangan.

Masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan bahan alami ini bisa dijadikan obat jerawat. Karena itu, jika jerawat tak kunjung sembuh, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Madu

Madu adalah salah satu obat jerawat alami yang cukup mudah untuk ditemukan dan digunakan. Laporan Medical News Today menyebutkan, antioksidan yang terdapat dalam madu efektif membersihkan kulit.

Antibakteri dalam madu juga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Anda hanya perlu mengaplikasikan madu pada jerawat. Lakukan langkah itu beberapa kali dalam sehari sampai jerawat benar-benar sembuh.

Baca Juga: 4 Manfaat madu untuk wajah ini bisa Anda dapat, termasuk obat jerawat

Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat jerawat, lo. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang bisa meredakan peradangan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat.

Lidah buaya

Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati jerawat adalah lidah buaya. Sama seperti bahan-bahan yang sudah disebutkan, lidah buaya mengandung antibakteri dan antiinflamasi.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga bisa mengatasi kulit kering. Untuk mendapat manfaat itu, Anda perlu menggunakan lidah buaya secara rutin.

Sebelum menggunakan gel lidah buaya, pastikan kebersihan kulit Anda terjaga, ya.

Baca Juga: Tak banyak yang tahu, inilah 4 penyebab jerawat batu

Teh hijau

Teh hijau bisa Anda manfaatkan sebagai obat jerawat alami.

Jika Anda mencari cara mengobati jerawat, Medical News Today merekomendasikan teh hijau. Antioksidan mampu membersihkan pori-pori kulit secara maksimal, melawan infeksi bakteri, dan meredakan peradangan.

Bawang putih

Bawang putih adalah bahan selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat jerawat alami. Senyawa yang terdapat dalam bawang putih mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh lebih kuat dalam melawan infeksi bakteri.

Selanjutnya: Jangan dibuang dulu, kulit pisang bisa untuk hilangkan jerawat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru